Pengalaman Ikut Event Global Windows Azure Bootcamp

windows azure portal

Pada tanggal 29 yang lalu saya dan beberapa teman saya mengikuti event yang diadakan oleh Microsoft Indonesia, yaitu Global Windows Azure Bootcamp. Event ini dilaksanakan serentak diberbagai negara sesuai dengan time zone masing-masing negara, itulah kenapa nama eventnya ada kata “Global”. Ini adalah event Global kedua Microsoft di Indonesia, dan ini pertama kalinya saya ikut event global ini.

loading...

Event ini bertujuan untuk mengenalkan kita apa itu Windows Azure dan bagaimana implementasinya di dunia nyata. Di dalam acara tersebut kita diberikan materi dari berupa konsep apa itu Cloud Computing, sampai penggunaan Windows Azure itu sendiri.

Oh iya, Windows Azure ini bukanlah sistem operasi yang bisa kita install di laptop atau PC kita, tetapi Windows Azure adalah salah satu produk Microsoft yang berada pada platform Cloud. Kalau kita pernah dengar istilah Cloud Computing, ya inilah salah satu penerapan cloud computing.

Pada event tersebut disampaikan bahwa karena banyaknya orang yang salah kaprah tentang Azure ini, maka kedepannya Windows Azure akan berubah nama menjadi Microsot Azure.

Pengalaman Ikut Event Global Windows Azure Bootcamp

Oke, kembali ke cerita saya mengenai event Global Windows Azure Bootcamp tadi. Event tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2014, di Mirosoft Indonesia tepatnya di gedung Bursa Efek Indonesia. Saya kesana tidak sendirian, tetapi bersama-sama dengan beberapa teman saya. Dan ini adalah event pertama dimana banyak teman-teman saya yang ikut serta. Biasanya hanya 4 orang yang ikut dan ini sampe 11 orang. Cekidot fotonya di bawah ya!

Untuk materi yang disampaikan, kurang lebih adalah sebagai berikut:

Windows Azure an economic overview

Tema pertama ini membahas tentang overview dari Windows Azure. Apa itu Windows Azure, Cloud Computing, macam-macam cloud computing, dan service-service yang diberikan oleh cloud services dijelaskan pada materi pertama tersebut. Materi pertama ini sifatnya lebih general.

Windows Azure Multi Factor Authentication

Materi yang kedua membahas tentang Multi Factor Authentication atau disingkat (MFA). Awalnya saya bingung MFA itu apa, jangan-jangan Muhammad Fahmi Al Azhar hahaha. Tapi setelah mendengar penjelasannya lebih jauh, MFA itu adalah proses autentikasi user yang berlapis-lapis.

Contoh konkritnya dapat kita lihat ketika kita login email Google (Gmail). Setelah memasukkan username dan password maka Google akan mengirim kode unik ke nomor handpone kita untuk proses autentikasi lebih lanjut. Contoh lainnya adalah ketika kita menginstall aplikasi melalui Windows Store. Setelah memasukkan password, dan login ke akun Microsoft, maka juga akan dikirimkan kode unik ke nomor handphone kita.

Nah, pada Windows Azure juga ada sistem autentikasi yang sama, disebut dengan Multi Factor Authentication untuk memastikan bahwa yang mengakses server adalah benar-benar kita, sang pengguna.

Windows Server RemoteApp on Windows Azure

Materi ke tiga adalah tentang bagaimana mengakses Windows Server secara remote dengan Windows Azure. Oh iya, ketika kita menggunakan Azure, kita dapat menginstall server Windows dengan cepat tanpa harus berkutat dengan konfigurasi jaringan ataupun hardware. Hal ini karena kita hanya menggunakan virtual Server di server Microsoft dan kita hanya mengaksesnya melalui web browser melalui Windows Azure Portal.

windows azure portal
Portal Windows Azure

SQL Server AlwaysOn Availability Group on Windows Azure

SQL Server Always On di Azure merupakan materi terakhir pada event Global Bootcamp Windows Azure Microsoft ini. Materi ini membahas tentang bagaimana menggunakan SQL Server di Azure. Karena ada kata “Always On” maka SQL Server yang digunakan adalah SQL Server 2012 atau disebut juga “Denali”.

Berhubung saya pernah ikut pelatihan SQL Server 2012, maka di materi ini bisa dibilang saya “nyambung” banget. Terutama ketika dijelaskan tentang fitur Always On yang ada di SQL Server tersebut.

Fasilitas Lain

Yang membuat menyenangkan pada event tersebut adalah adanya merchandise dan doorprize bagi peserta yang beruntung. Jika kita bertanya ataupun menjawab pertanyaan, kita akan mendapatkan merchandise berupa tas kecil, ataupun buku.

Berhubung waktu itu saya bertanya, maka saya mendapatkan buku berjudul Panduan Praktis Windows Azure SQL Database. Ini nih fotonya:

foto buku panduan praktis windows azure sql database
Buku Windows Azure SQL Database

Dan yang membuat semakin senang adalah adanya coffee break dua kali plus makan siang prasmanan haha!

Oke, sebenernya masih banyak ilmu yang didapat dari event tersebut, tetapi sayang tidak bisa semuanya dijelaskan di sini. Jika ada kesempatan saya akan menulis lebih lanjut terkait materi di atas, dan tentunya di tulisan yang lain.

Oh iya satu lagi, ini adalah foto bersama kami di event tersebut:

foto bareng event microsoft windows azure bootcamp
Foto Bareng

Sekian pengalaman saya mengikuti event Global Windows Azure Bootcamp.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

loading...

You May Also Like

About the Author: fahmialazhar

Seorang programmer yang suka berbagi informasi seputar teknologi terkini.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *