Pengalaman Bongkar Printer Canon IP2770

Sepertinya memang hidup saya tidak jauh dari peristiwa bongkar membongkar hehe. Beberapa waktu yang lalu saya pernah bercerita tentang pengalaman ketika membongkar laptop sendiri, cerita tersebut dapat dibaca di sini.

loading...

Masih terkait dengan bongkar-bongkar, kali ini saya ingin bercerita tentang pengalaman bongkar printer Canon IP2770. Printer ini adalah printer saya sendiri, dibeli pada tahun 2011 kalau ga salah ingat.

Pengalaman Bongkar Printer Canon IP2770

Jadi awal ceritanya adalah printer ini baik-baik  saja, dipakai sesuai dengan kebutuhan bahkan sering digunakan untuk membantu rekan-rekan yang butuh ngeprint.

Pada suatu saat, ketika saya butuh mencetak beberapa halaman, ternyata printer tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Ketika perintah print dilakukan, kertas yang digunakan untuk mencetak selalu melenceng sehingga membuat kertasnya menjadi jump.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saya sudah mencoba memeriksa printer, copot catridge, bersihin rollernya, dan lain sebagainya. Tetapi printer tersebut masih saja nganeh. Ya itu tadi, saat kertas ditarik oleh printer, posisinya selalu menjadi miring sehingga tidak memungkinkan untuk dicetak.

Setelah beberapa saat saya memikirkan solusi  untuk memperbaiki printer tersebut akhirnya saya putuskan  untuk membongkar printer.

Mencoba mbongkar printer Canon IP2770

Printer Canon IP2770 ini tidak sulit untuk dibongkar. Copot semua kabel, lepaskan mur yang ada, dan cklek! casing printer bisa dibuka. Setelah casing terbuka, kita dapat melihat komponen printer tersebut lebih jelas. Meskipun saya ga tau apa-apa, tapi demi printer yang bisa jalan lagi saya berusaha untuk jadi sok tahu hehe.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengecek apakah ada komponen printer yang patah atau rusak. Jika dilihat-lihat, semua komponen printer normal dan saya coba kembalikan printer ke kondisi semula untuk dicoba ngeprint lagi, barangkali ujug-ujug bisa.

Setelah dicoba, ternyata printer belum juga berjalan dengan normal. Akhirnya saya bongkar lagi dan saya lakukan cek ulang kalau-kalau ada yang terlewat waktu saya cek pertama kali tadi. Biar lebih afdhol, saya juga membersihkan printer tersebut barangkali penyebabnya adalah debu-debu yang menggumpal di dalam komponen printer.

Setelah berulang-ulang mengecek dan tidak menemukan sesuatu yang terlihat rusak, saya-pun menyerah. Akhirnya casing printer saya pasang untuk dikembalikan ke kondisi semula.

Menemukan penyebab kerusakan printer Canon IP2770

Hari demi hari berlalu, seolah saya sudah tidak peduli dengan printer itu. Pada suatu ketika saya harus skripsi dan skripsi tentunya butuh printer! Ya mau tidak mau saya coba print dengan printer itu lagi, dan hasilnya sama saja.

Hmm saya akhirnya saya coba bongkar ulang printer tersebut sekali lagi, saya angkat printer yang sebelumnya berada di atas meja menjadi di lantai dan… saya mendengar ada bunyi klotak-klotak ketika mengangkat printer tersebut.

Hmm dan ternyata… ada sesuatu  di dalam printer!

Ada sebuah pin yang masuk ke dalam printer tersebut!

Ya, entah kenapa saya tidak menyadarinya sejak awal. Pin itulah yang menyebabkan kertas yang akan di print menjadi miring dan tersangkut. Alhamdulillah setelah pin tersebut diambil printer dapat berfungsi dengan normal lagi.

Berikut ini adalah foto yang sempat saya abadikan, Di depan printer di foto ini ada sebuah pin berwarna kuning, pin itulah yang selama ini menjadi penyebab tidak normalnya printer.

pengalaman bongkar printer canon ip2770
Bongkar Printer Canon IP2770

Apa hikmah yang dapat diambil?

Dari pengalaman saya di atas tentunya ada hikmah yang dapat diambil, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Biasakanlah untuk merapikan meja belajar – Kejadian di atas terjadi karena meja saya berantakan. Setiap ada kertas atau buku selalu saya taruh di atas printer. Jadi ketika ada benda-benda aneh masuk saya sama sekali tidak mengetahuinya hehe.

Tutup printer jika tidak digunakan dalam waktu yang lama – Jika printer lama tidak digunakan sebaiknya ditutup saja. Printer Canon Pixma IP2770 ini memiliki penutup sehingga jika ditutup tidak ada benda-benda aneh yang dapat masuk.

Nah, sekian cerita singkat saya ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

loading...

2 thoughts on “Pengalaman Bongkar Printer Canon IP2770”

  1. Printerku sama ade helingo juga mi, bedanya yang masuk printer ade itu hit mat, yang masuk printerku serpihan tepung gorengan.. -_- tapi ga dibongkar sih, colok dari depan trus begitu bendanya keluar dari lintasan kertas ( awalnya terjepit sehingga ga bisa ditarik), tinggal diambil aja dari paper tray nya.

    Reply

Leave a Comment