Pengalaman Bongkar Laptop Dell Inspiron 1440

Sebenarnya kejadian ini sudah lama terjadi. Tapi berhubung banyak hikmah yang bisa diambil dari kejadian ini, maka saya coba untuk menuliskannya ke dalam blog.

Beberapa waktu lalu, saya sempat membongkar laptop kesayangan saya. Kenapa dibongkar? Ya, alasannya adalah karena slot VGA yang miring, tidak sesuai dengan tempatnya, sehingga tidak memungkinkan untuk di sambungkan ke layar monitor lain seperti LCD, ataupun Viewer. Berikut ini adalah cerita selengkapnya.

Pengalaman Bongkar Laptop Dell Inspiron 1440

Kejadian ini bermula setahun yang lalu, tepatnya ketika saya menjalani PKL (Praktik Kerja Lapangan), laptop saya terjatuh dan tidak bisa hidup lagi. Waktu itu saya PKL di Gunung Kidul, Yogyakarta. Untung saja jatuhnya ketika hendak kembali ke Jakarta, jadi tugas-tugas sebagai penjaga server sudah selesai (Waktu itu saya bertugas jaga server SMS Gateway untuk PKL STIS 51).

Akhirnya mau tidak mau saya harus membawanya ke tempat reparasi untuk diperbaiki. Pada mulanya saya mencoba untuk menghubungi service center Dell. Tetapi ternyata untuk melakukan service harus memperbarui garansi-nya. Laptop saya saat itu sudah berumur 2 tahun lebih, jadi garansinya sudah habis.

Setelah pikir-pikir, daripada saya perbarui garansi, akhirnya saya putuskan untuk membawanya ke tempat service di “suatu tempat”. Memang sih, selang beberapa hari laptop saya berhasil hidup lagi. Tapi ternyata ada masalah baru yang muncul. Hasil kerjaan si tukang service itu benar2 buruk! Congkel sana congkel sini sampai laptop ini jadi korban (kasian sekali kamu naak…). Padahal masalahnya hanya terdapat di IC, tapi kok sampai congkel2 monitor segala. Hmm… mulailah saya kecewa, tapi karena laptop sudah hidup lagi, dan sudah terlanjur juga, yasudah apa boleh buat.

Slot VGA Miring

Selang beberapa minggu, saya mendapat tugas presentasi di kampus. Ketika hendak menyambungkan kabel VGA dari LCD ke laptop, ternyata kabel tersebut tidak bisa masuk. Setelah saya lihat, ternyata slot VGA di laptop miring dan tidak terpasang dengan benar. Apa boleh buat, pake laptop teman dulu berarti. Setelah pulang kuliah, perasaan jengkel yang ditahan sejak presentasi itu muncul. Hahaha salah saya sendiri juga sih, yang ga meriksa kerjaan tukang service itu pas ambil laptop dulu.

Oh iya, saya lupa cerita tentang laptop saya tersebut. Laptop ini merknya Dell dengan tipe Inspiron 1440. Laptop tersebut telah menemani kehidupan saya sejak bulan Desember tahun 2009. Laptop tersebut adalah partner, teman, pacar, istri #plak. Pokoknya sudah sudah saya anggap keluarga.

Bongkar Laptop Sendiri

Tanpa pikir panjang, saya langsung ambil obeng, lepas mur di bawah laptop, dan mencoba untuk membongkarnya, dengan modal nekat tentunya! Setelah beberapa menit ternyata proses pembongkaran terhenti. Tidak ada mur lagi yang bisa dicopot, lalu bagaimana cara membongkar bagian keyboard?? Berarti dulu si tukang service itu kebingungan karena ga bisa bongkar keyboardnya. Tapi bukan berarti dia harus congkel monitor juga (- -“)

Oke, akhirnya saya ambil smartphone, dan… Googling! Ternyata di situs resmi Dell ada panduan untuk membongkar laptop Inspiron 1440. Wah kebetulan, langsung saja saya ikuti petunjuk dari Dell tersebut. Tidak lama kemudian laptop ini sudah menjadi kepingan-kepingan.

Berikut ini beberapa barang bukti dari laptop yang sempat saya dokumentasikan:

Kalau mau lihat gambar ukuran besarnya, klik kanan gambarnya, pilih open image in new tab ya.

bongkar laptop dell inspiron 1440 pengalaman bongkar laptop dell inspiron 1440
memperbaiki laptop dell inspiron 1440 bongkar laptop dell inspiron 1440 sendiri

Saya bersyukur proses pembongkaran tersebut dapat berjalan lancar. Slot VGA yang tadinya miring juga sudah saya benarkan. Akhirnya laptop ini bisa dihubungkan lagi dengan kabel VGA sehingga bisa lancar jaya ketika presentasi menggunakan Viewer.

Apa Hikmah yang Dapat Diambil?

Ini adalah bagian paling penting. Jadi apa hikmah yang dapat kita ambil dari pengalaman saya tersebut?

Pertama: Selalu jaga device milik Anda. Jangan teledor, apalagi laptop jatuh seperti saya dulu. Jangan sampai ya!  – -”

Kedua: Ketika hendak service barang elektronik apapun, pastikan Anda membawanya ke tempat yang benar. Service center adalah pilihan pertama yang dapat Anda gunakan. Baru kemudian ke tempat-tempat service di luar. Pilihlah tempat service yang kemungkinan besar berpengalaman dalam laptop atau device tersebut.

Ketiga: Selalu periksa kondisi laptop atau device elektronik Anda. Jangan sampai ketika dibutuhkan ternyata terdapat kerusakan hardware maupun software dari device yang bersangkutan.

Keempat: Jangan coba2 nekat bongkar sendiri kalau tidak tau ilmunya! Hehe alhamdulillah waktu itu laptop saya tidak tambah rusak 😀

Sekian cerita tentang pengalaman bongkar laptop dell inspiron 1440. Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Pengalaman Bongkar Laptop Dell Inspiron 1440”

  1. Jangankan bongkar laptop. masang RAM aja aku takut. bukan apa-apa. kalo ternyata nambah kerusakan itu lho. -,-”
    tapi ternyata gampang banget masang RAM laptop. haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *