Page Rank Turun, Sedih Rasanya

Hmm hari ini ketika saya buka blog, saya cukup terkejut ketika melihat page rank dari blog Azuharu.Net ini menjadi turun. Sebelumnya, blog saya ini memiliki page rank 3. Nah entah kenapa page ranknya sekarang menjadi 2. Ya memang akhir-akhir ini saya jarang ngeblog. Terutama sejak menjalani skripsi beberapa bulan yang lalu.

loading...

Turunnya page rank ini saya ketahui ketika saya melihat plugin Chrome SEO Toolbar yang saya pasang pada browser. Saya memang selalu mengecek page rank tiap kali melakukan browsing ke situs-situs tertentu.

Page Rank Turun, Sedih Rasanya

Melihat page rank yang turun satu angka ini membuat saya lumayan sedih. Page rank memang bukan segalanya. Tetapi saya rasa page rank itu seakan-akan hadiah dari Google untuk blog-blog yang berkualitas tulisannya hehe.

Saya jadi teringat ketika saya pertama kali membuat blog ini. Kalau diingat-ingat, blog ini sudah berdiri sejak tahun 2011. Jadi kurang lebih sudah 3 tahun saya nulis di Azuharu ~ Another Dream ini. Memang pada awalnya saya jarang update postingan. Tetapi setelah terbiasa ngeblog, saya jadi sering share pengalaman dan tutorial. Alhasil Google memberikan blog ini page rank 1.

Melihat blog ini mulai ber-page rank, saya semakin sering ngeblog. Selang beberapa bulan kemudian page ranknya pun menjadi naik, yaitu menjadi page rank 3. Saat saya semakin sibuk, saya pun mulai jarang update postingan, hingga sekarang page ranknya pun menjadi turun.

Harus Rajin Ngeblog Lagi

Hahaha… oke, berarti yang harus dilakukan sekarang adalah mulai lagi ngeblog seperti dulu kala. Sebenarnya banyak sekali hal-hal di kepala saya yang bisa dituangkan dalam tulisan. Tapi apa daya, waktu yang dimiliki kan terbatas. Apalagi orientasi ngeblog saya mulai berubah semenjak mengenal Google Adsense. Yang ada di dalam pikiran hanya bagaimana meningkatkan traffic, yang berefek pada menurunnya kualitas postingan.

Semoga “curhat” singkat ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita semua, terutama bagi Anda yang suka ngeblog.

loading...

2 thoughts on “Page Rank Turun, Sedih Rasanya”

Leave a Comment