Mengenal Pentaho, Open Source Business Intelligence Platform

Pentaho BI adalah salah satu platform Open Source Business Intelligence (OSBI) yang memberikan solusi terkait Bussiness Intelligence kepada pengguna. Pentaho memiliki kemampuan untuk membuat report, melakukan analisis data, membuat dashboard, dan mengintegrasikan data (ETL).

loading...

Ketika Pentaho diimplementasikan, kita dapat melihat berbagai macam informasi dari data yang kita miliki. Misalnya saja kita dapat melihat analisis dari penjualan produk kita, berapa produk yang terjual, siapa saja pembelinya, dan masih banyak lagi. Informasi tersebut disajikan dalam bentuk report yang bersifat interaktif. Contohnya, kita dapat melihat report sesuai dengan waktu yang kita inginkan.

Mengenal Pentaho, Open Source Business Intelligence Platform

Pentaho BI Suite memiliki beberapa fungsionalitas, diantaranya adalah:

Fungsi Reporting

Dengan Pentaho reporting kita bisa melihat report dari data yang kita miliki. Pentaho report ini ada dua macam, yaitu report yang sifatnya terjadwal (scheduled), atau yang sifatnya on-demand. Ada beragam format yang bisa digunakan dalam report ini, seperti PDF, HTML, XLS, dan text. Pentaho Reporting ini dibuat berdasarkan JFreeReport project.

pentaho
Logo Pentaho

Fungsi Analisis

Pentaho juga dapat digunakan untuk melakukan analisis data. Data yang kita miliki dapat ditampilkan dengan menarik dalam berbagai bentuk, seperti pivot tabel, dashboard yang terintegrasi, portal, dan workflow.

Di Pentaho juga ada Spreadsheet Services sehingga kita dapat melakukan browsing, melihat grafik, jauh ke dalam data yang berbentuk Microsoft Excel. Layanan Analysis di Pentaho dibuat berdasarkan Mondrian OLAP yaitu sebuah Open Source OLAP Server.

Dashboard

Hasil dari reporting dan analisis dapat ditampilkan dalam Pentaho Dashboard. Jadi, cukup dengan melihat dashboard, kita bisa mengetahui semua info yang kita inginkan.

Data Mining

Di Pentaho, kita juga bisa melakukan data mining. Jika Anda tahu Weka, maka fungsi data mining di Pentaho adalah gabungan dari Weka. Weka itu sendiri adalah sebuah kumpulan algoritma dari machine learning yang diterapkan untuk memining data. Algoritma tersebut dikombinasikan dengan teknologi OLAP (Online Analytical Processing).

Tool Data Mining ini digunakan untuk menganalisis data yang sifatnya historical sehingga bisa dibuat suatu model yang sifatnya prediktif.

Data Integration

Data Integration di Pentaho dikenal dengan Kettle dan atau Spoon. Kettle dan Spoon ini adalah tool ETL yang memiliki tampilan antarmuka untuk mendesain job yang sifatnya fleksibel untuk pemrosesan data.

Sekian informasi tentang Pentaho, Open Source Business Intelligence Platform.

Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Comment