Mengenal Genset Mini dan Harganya

Genset adalah singkatan dari Generator Set, sebuah mesin yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik / generator yang dapat menghasilkan listrik dengan besaran tertentu sesuai kapasitasnya.

loading...

Untuk menjalankan fungsinya, genset membutuhkan bahan bakar berupa solar / bensin. Dengan menggunakan genset, kita bisa mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Genset sangat bermanfaat bagi daerah-daerah yang belum terjangkau listrik, yaitu pada daerah pedesaan.

Bukan hanya itu, bahkan genset sangat bermanfaat untuk daerah perkotaan. Khususnya untuk daerah-daerah yang sering terjadi pemadaman listrik oleh PLN.

Gedung, kantor/perusahaan, Mall perbelanjaan juga pasti memliki genset. Hal ini penting karena jika listrik mati, maka operasional kantor dan mall masih dapat berjalan dengan baik.

Tips Memilih Genset

Untuk memilih genset, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Menentukan Jenis Genset

Ada banyak jenis genset yang ada di pasaran, seperti misalnya genset dengan mesin gas, mesin diesel, mesin bensin, mesin turbin, dan bahkan genset portable.

Jika kamu adalah pemilik gedung, dan memerlukan genset dengan kapasitas tinggi, maka mungkin yang kamu butuhkan adalah genset dengan mesin turbin. Genset dengan mesin ini memiliki kapasitas yang sangat besar.

Jika kamu ingin menggunakan genset untuk keperluan rumahan, mungkin kamu hanya perlu genset mini/genset portabel yang mudah dibawa kemana-mana.

Genset dengan mesin diesel, dianggap lebih awet dan hemat biaya ketimbang genset dengan jenis bensin. Selain itu, perawatan untuk mesin diesel juga lebih mudah.

Ketahui Kapasitas Genset yang Kamu Butuhkan

Dengan mengetahui kapasitas genset yang kamu butuhkan, kamu bisa menerka-nerka jenis genset apa yang kamu perlukan. Kapasitas genset ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan listrik di rumah kamu ya.

Supaya tidak salah dalam menghitung kebutuhan genset, kamu perhatikan rumus berikut:

1 kVA = 0.8kW (800 watt)

Misalnya listrik rumah kamu adalah sebesar 1300 watt. Berarti jika kamu ingin membeli genset, kamu harus membeli genset yang watt nya lebih dari 1300 watt, misalnya 1600 watt atau 2kVa.

Merk Genset

Pemilihan merk dari genset sangat penting. Jangan mengambil resiko mengambil genset dengan merk abal-abal yang tidak pernah terdengar sebelumnya. Sebaliknya, pilihlah genset dengan merk yang cukup terkenal, seperti: Yamaha, Krisbow, Honda, dan lain sebagainya.

Garansi Genset

Garansi adalah hal yang penting saat membeli genset. Pastikan kamu mendapat garansi ketika membeli sebuah genset. Dengan memiliki garansi, kamu akan lebih tenang ketika terjadi masalah pada mesin genset.

Harga Genset Mini

Salah satu jenis genset yang paling dicari banyak orang adalah genset mini. Genset ini cocok untuk kebutuhan listrik skala kecil, seperti misalnya untuk industri rumahan.

Harga genset mini sangat beragam tergantung dari merk, dan kapasitas dari genset mini tersebut.

Untuk dapat melihat daftar harga genset mini, kamu dapat menuju ke halaman harga genset mini berikut.

Demikian informasi tentang genset ini. Semoga bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya.

loading...

Leave a Comment