Mengatasi Hasil Pencarian yang Muncul Iklan Ads not by this site

Sebelumnya saya pernah menulis tutorial tentang bagaimana mengatasi search engine default browser yang berubah menjadi conduit search dan avg search. Nah pada tutorial ini saya menulis tentang bagaimana cara mengatasi hasil pencarian Google yang tidak akurat dan muncul iklan dengan tulisan ads not by this site.

Saya sendiri menulis tutorial ini karena saya mengalaminya kemarin, yaitu ketika saya Googling ternyata hasil pencariannya selalu tidak sesuai dengan keyword seperti yang saya jelaskan barusan. Ya, ini tentu saja bukan salah Google. Hasil pencarian Google selalu akurat jika keyword yang kita masukkan tepat, terlebih lagi ini muncul iklan yang asalnya bukan dari Google. Iklan dari Google selalu bertuliskan ads by Google, berarti kalau tulisannya ads not by this site itu bukan hasil pencarian Google.

Mengatasi Hasil Pencarian yang Muncul Iklan Ads not by this site

Mengalami browser yang “ditumpangi” malware adalah hal yang menjengkelkan. Bayangkan, seperti ini bukan hanya menghambat pekerjaan, tetapi juga membuat aktivitas browsing menjadi tidak nyaman. Akhirnya saya coba mencari penyebab dari ads not by this site ini.

Oh iya, berikut ini adalah gambar dari hasil pencarian yang tidak sesuai dan selalu muncul iklan “ads not by this site

ads not by this site
Iklan Ads not by this Site

Awalnya saya mengingat-ingat apakah akhir-akhir ini menginstall software yang kemungkinan ditumpangi malware. Biasanya jika kita sembarangan menginstall software bisa berakibat muncul toolbar aneh2 pada browser. Karena saya tidak merasa ada malware dari program yang kemarin diinstall, berarti bukan itu penyebabnya.

Langkah kedua yang saya lakukan adalah mengecek addons dan extension yang terinstall di browser, dan ternyata memang ada extension yang sebenarnya tidak saya install tapi tiba-tiba muncul di situ. Extensions itu adalah… ya saya juga tidak yakin, akhirnya saya hapus yang mencurigakan karena merasa tidak menginstallnya. Berikut ini adalah screenshotnya:

cek extension firefox
cek extension Firefox

Setelah menghapus extensions tersebut, kemudian merestart browser, kini hasil pencarian menjadi normal kembali.

ads not by this site hilang
Hasil pencarian normal kembali

Jika Anda mengalami hal yang sama, apapun browser yang Anda gunakan, ceklah extension yang ada pada browser. Jika ada yang tidak beres segera remove dan restart browser.

Sekian tutorial mengatasi hasil pencarian Google yang muncul iklan ads not by this site.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *