Sekilas Tentang Java dan Kelebihannya

kelebihan java dan kekurangannya

Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer sekrang ini. Java dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1995 .

loading...

Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems.

Nama “Java” diambil dari suatu jenis kopi. Sebelumnya, nama Oak dan Green pernah melekat pada bahasa pemograman tersebut.

Kelebihan Java dan Kekurangannya

Kelebihan Java

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang populer memiliki kelebihan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Berorientasi objek, Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi object sehingga memudahkan programmer untuk membuat maupun mengembangkan program dengan cepat.

Multiplatform, sehingga dapat digunakan dibanyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, Solaris dan sebagainya.

Mirip C++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman pendahulunya C++ programmer yang dahulu pernah menggunakan C++ akan sangat mudah ketika bermigrasi ke Java.

Perkembangan yang pesat, Saat ini Java telah berada pada versi 7 dan cersi 8 sedang dalam pengembangan. Selain itu Java digunakan oleh berbagai macam device yang ada di dunia. Mulai dari sistem operasi sampai ponsel pasti menggunakan Java.

 kelebihan java dan kekurangannya

Kekurangan Java

Selain kelebihan, Java juga memiliki kekurangan seperti:

Proses Compile, Program Java harus dicompile terlebih dahulu sebelum dijalankan, berbeda dengan Python yang tidak perlu melakukan compile.

Memori yang besar, Java membutuhkan memori yang cukup besar, sehingga ketepatan dalam penggunaan tipe data dsb harus diperhatikan ketika menggunakan Java.

Semoga bermanfaat.

loading...

You May Also Like

About the Author: fahmialazhar

Seorang programmer yang suka berbagi informasi seputar teknologi terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *