Free Download Manager, Software Alternatif Selain IDM

Siapa yang tidak kenal dengan Internet Download Manager. Software manajemen untuk download yang sering disingkat dengan IDM ini adalah software yang benar-benar powerfull. Bisa dibuktikan ketika kita mendownload dengan browser dibandingkan dengan IDM pasti akan jauh lebih cepat jika dilakukan dengan IDM.

Pada post ini kita tidak akan membicarakan tentang IDM, tetapi sebuah software alternatif untuk mengelola download yaitu Free Download Manager.

Free Download Manager, Software Alternatif Selain IDM

Sesuai dengan namanya, Free Download Manager adalah software yang gratis. Meskipun gratis, tetapi fungsionalitasnya setara dengan IDM. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dikutip dari website nya http://www.freedownloadmanager.org/features.htm

  • Tergabung dalam GNU General Public License
  • Support BitTorrent – BitTorrent sudah disupport oleh download manager ini
  • Support Remote Control – Dengan FDM ini kita bisa meremote download dengan komputer yang juga terkoneksi dengan internet lho.
  • Terdapat mode portable – Kita bisa menggunakan FDM tanpa harus instalasi ke sistem komputer kita.
  • Support Audio atau Video plus Converter – Selain sebagai download manager, FDM juga bisa sekaligus melakukan convert terhadap file audio atau video yang kita download.
  • 100% Free – Gratis!
  • Support download secara simultan
  • Dukungan berbagai bahasa
  • dan masih banyak lagi

Kenapa Menggunakan Free Download Manager?

Lho kan sudah ada IDM, kenapa kita harus pake FDM? Sebenarnya tidak ada masalah kita pake yang mana, tapi ingatlah bahwa IDM itu adalah software yang berbayar.

Ya, meskipun kebanyakan dari masyarakat kita menggunakan bajakan, tapi tidak selamanya kan kita menggunakan bajakan. Ada baiknya kita mencari alternatif software yang gratis.

free download manager, software alternatif selain idm
Free Download Manager

Free Download Manager ini adalah software gratis, dan menurut saya, fungsi yang ditawarkan di FDM ini tidak kalah dengan IDM, bahkan ada beberapa fungsi yang lebih baik di FDM. Pada gambar di atas dapat kita lihat, kecepatan dari FDM ini juga tinggi, dan meskipun tinggi FDM ini tidak membuat proses browsing menjadi lambat seperti halnya IDM. Ya, setidaknya itu yang saya rasakan, pastinya kembali lagi ke kualitas dari jaringan internet kita.

Jadi, kembali lagi apakah Anda akan mencoba menggunakan Free Download Manager yang gratis ini, atau IDM? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *