Cari Software Payroll Indonesia? Cek Di Sini Dulu

Dalam suatu perusahaan, karyawan merupakan aset sumber daya yang paling utama. Kontribusi yang diberikan oleh karyawan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Oleh karena itulah, perusahaan memiliki tanggung jawab serta kewajiban untuk memberikan gaji pada karyawan secara periodik sesuai dengan kebijakan yang ada pada perusahaan.

Sistem pengolahan gaji biasa diatur oleh para HRD. Dalam hal ini, HRD dapat melakukan secara manual maupun otomatis dengan menggunakan suatu aplikasi payroll. Sayangnya, untuk pengolahan secara manual sangatlah tidak efisien. Hal ini dikarenakan membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar, banyaknya kemungkinan kesalahan pada data maupun perhitungan gaji, serta pembengkaan pengeluaran perusahaan akibat terlalu banyak HRD. Sehingga, banyak perusahaan yang beralih pada payroll software.

Payroll software merupakan suatu jenis aplikasi yang berfungsi untuk mempermudah perusahaan dalam sistem penggajian karyawan secara periodik sesuai dengan kebijakan yang ada pada perusahaan. Payroll software memungkinkan perusahaan untuk otomatisasi sistem penggajian. Sehingga lebih mudah, cepat dan tepat.

Saat ini, banyak perusahaan penyedia software payroll indonesia yang berlomba-lomba dalam menarik hati perusahaan yang membutuhkan jasa payroll. Sebagai pengguna, perusahaan harus tahu fitur yang dibutuhkan dalam payroll software, antara lain :


1. Perhitungan Pajak

Akan sangat menguntungkan bila payroll software yang digunakan oleh perusahaan memiliki fitur perhitungan pajak. Sehingga perusahaan dapat memperkirakan biaya pajak yang harus dikeluarkan. Sehingga perusahaan akan disiplin dalam membayar pajak. Hal ini tentu dapat membuat kinerja perusahaan lebih optimal.

2. Metode Pembayaran di Cloud

Pembayaran gaji karyawan perusahaan yang sangat banyak tentu memiliki kriteria tertentu dalam memilih bank. Namun jika memiliki metode ini, perusahaan dapat menyimpan semua metode pembayaran untuk transaksi finansial perusahaan. Perusahaan dapat memilih pembayaran gaji secara cash atau transfer bank milik karyawan dan data akan langsung tersimpan dalam cloud.

3. Komponen Payroll

Dalam hal ini, perusahaan dapat mengelola data penggajian seperti gaji pokok, tunjangan makan, bpjs, tunjangan transportasi, jaminan hari tua atau pensiun, dan lain sebagainya untuk para karyawan dengan mudah.

4. Pemilahan Data

Pemilahan data dibutuhkan untuk melakukan pemilahan data yang mebjadi sumber kalikulasi seperti timesheet, recurring, dan lain sebagainya dengan lebih teratur dan dapat dikelola dengan mudah dan cepat, serta dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.


5. Perhitungan Gaji

Perhitungan gaji memiliki 2 macam tipe proses, yaitu standard atau perhitungan pada periode berjalan, dan rapel/retroactive atau perhitungan selisih pada periode yang sudah lewat. Dengan adanya fitur yang mengelola dua tipe proses ini, HRD tentu dapat sangat terbantu dalam mengatur sistem penggajian para karyawan.
Dalam mencari payroll software, anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang ada serta keunggulan yang ada dalam software tersebut. Dengan demikian, payroll yang Anda pilih tentu sangatlah terjamin kualitasnya. LinovHR dapat menjawab pertanyaan Anda dalam mencari payroll software dengan fitur yang bagus dan cocok untuk perusahaan Anda. Uji coba LinovHR sekarang secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *