Sal
Administrator
Seorang penulis yang suka belajar hal baru dan dunia fotografi
3 min read

Cara Menyetrika Pakaian yang Mudah, Cepat, dan Licin

Posted in Teknologi

Cara menyetrika pakaian tidaklah sulit selagi mengetahui tipsnya. Sehingga pakaian akan terlihat lebih rapi dan tidak kusut. Menyetrika juga akan lebih cepat yang mampu membuat pakaian tampak rapi.

Biasanya menyetrika pakaian merupakan sebuah kebiasaan. Terlebih pada pakaian yang sifatnya penting dan sering digunakan untuk acara. Pakaian yang seperti itu harus tampak rapi dan tidak lusuh.

Cara Menyetrika Pakaian Agar Tidak Lusuh

Pasti semua orang menginginkan baju yang selalu rapi jika dipakai. Kuncinya ada pada tahap penyetrikaan. Jika saat menyetrika hanya sembarangan, maka bisa membuat pakaian tidak rapi.

Sebenarnya cara menyetrika pakaian merupakan sesuatu yang sederhana. Bahkan semua orang bisa melakukannya. Tetapi, tidak semua orang bisa menyetrika dengan baik dan benar.

Berikut adalah tips menyetrika agar pakaian lebih cepat rapi:

Menggunakan Aluminium Foil

Cara yang pertama, kamu bisa menggunakan aluminium foil. Aluminium ini sebagai alas kamu menyetrika pakaian. Sehingga pakaian akan lebih cepat rapi dan licin.

Hal ini dikarenakan panas dari setrika akan terpantul. Setelah itu, akan menembus ke sisi lawan pada baju atau celana yang sedang disetrika. Hal ini akan mempermudah kamu karena tidak perlu membolak-baliknya.

Menyetrika dari Dalam

Cara menyetrika pakaian yang tepat itu dari sisi bagian dalam. Hal ini sangat terkenal ampuh dan bisa membuat baju cepat rapi. Pada saat penyetrikaan juga lebih licin sehingga tidak memberikan waktu yang lama.

Apalagi ketika kamu menyetrika pakaian berwarna tebal dan jersey. Cara ini sangat cocok karena tidak akan merusak bahan dan kualitasnya.

Pada bagian kancing dan kerah juga akan lebih awet ketika kamu menyetrikanya dari dalam. Jika dari luar pasti akan cepat mengerut. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk bagian depan baju yang terdapat sablonan.

Menggunakan Gulungan Handuk

Cara menyetrika pakaian berikutnya adalah dengan menggunakan gulungan handuk. Hal ini biasanya digunakan untuk menyetrika kemeja lengan panjang. Tujuannya agar kemeja tidak berlipat.

Kamu bisa melakukannya dengan menggulung handuk kecil. Setelah itu, dimasukkan ke dalam lengan baju. Nah, kamu bisa mulai menyetrika seperti biasanya.

Hilangkan Lengket Dengan Cepat

Setrika pakaian bisanya sudah memiliki pelapis yang anti lengket. Tetapi, lapisan ini bisa saja terkelupas akibat terkikis benda-benda. Biasanya tergores oleh kancing jeans dan lain sebagainya.

Sehingga membuat setrikaan menjadi lengket yang tentunya akan menghambat pekerjaan. Cara menyetrika yang satu ini kamu bisa menggunakan daun pisang untuk menghilangkan lengket. Proses menyetrika bisa berlangsung kembali tanpa adanya kasat atau lengket.

Mengatur Prioritas

Selanjutnya kamu bisa mengatasi rasa bosan tumpukan pakaian yang sudah tinggi. Biasanya kamu akan lebih malas ketika melihat keadaan yang seperti ini. Kamu bisa mulai mencicil untuk menyetrika dalam waktu dekat.

Caranya dengan mengelompokkan baju-baju berdasarkan kebutuhan. Misalnya, mengelompokkan baju kerja, baju harian, dan lain sebagainya.

Cara menyetrika ini bisa kamu terapkan mulai waktu dekat. Sehingga pakaian tidak menumpuk dan kamu juga bisa memiliki waktu luang. Mengingat menyetrika ini membutuhkan waktu yang lama.

Akan lebih baik lagi jika kamu mengelompokkan pakaian berdasarkan jenisnya. Kamu bisa mengelompokkan kemeja, blus, kaos, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan membantumu dalam memilah dan menentukan seberapa rapi kamu membutuhkannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan dengan jadwal kerja.

Itulah beberapa tips cara menyetrika pakaian dengan mudah. Pakaian akan terlihat rapi dan licin dalam waktu yang singkat. Sehingga sangat menghemat waktu dan tenaga.