Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tidak jarang orang tua kebingungan karena melihat nafsu makan anak nya menurun. Hal ini juga menjadi kekhawatiran tersendiri jika nafsu makan yang kurang ini berlangsung secara terus menerus. Penting diperhatikan bahwa nafsu makan yang rendah ini tidak boleh sampai mengakibatkan perkembangan anak menjadi terganggu.

Lalu apa saja cara untuk meningkatkan nafsu makan anak? Artikel ini akan membahas mengenai hal tersebut. Simak ulasannya sebagai berikut:

Penyebab Nafsu Makan Anak Turun

Setidaknya ada 2 penyebab mengapa nafsu makan anak menjadi turun.

Gangguan Kesehatan

Penyebab pertama disebabkan oleh faktor kesehatan. Faktor ini merupakan faktor yang sering terjadi dan menyebabkan anak menjadi tidak bersemangat ketika makan.

Masalah kesehatan yang biasanya menjadi penyebab adalah seperti Sakit tenggorokan, diare, pusing, ataupun demam. Jika anak mengalami gangguan kesehatan seperti ini, dan nafsu makannya turun, orang tua tidak perlu khawatir.

Di masa pandemi Corona seperti sekarang ini, orang tua juga harus waspada terhadap kondisi anak-anak mereka. Turunnya nafsu makan juga akan berakibat terhadap turunnya daya tahan tubuh, sehingga lebih rentan terkena penyakit.

Setelah masalah kesehatan yang dialami sembuh, seharunya nafsu makan anak kembali normal.

Stres dan Depresi

Penyebab yang kedua adalah karena stres dan depresi. Orang tua harus memahami bahwa anak juga bisa mengalami stres. Stres tersebut bisa diakibatkan karena hal seperti:

  • Masalah keluarga
  • Tasalah pertemanan di sekolah, misalnya saja jika anak dibully temannya.
  • Tekanan oleh orang tua, misalnya terlalu sering memarahi anak karena nilainya jelek.

Stres dan Depresi adalah dua hal yang berbeda. Stres seringkali dikaitkan dengan rasa cemas akan sesuatu. Sedangkan depresi adalah kesedihan dalam waktu yang lama.

Depresi lebih berbahaya daripada stres. Jika orang tua mengetahui anaknya mengalami depresi, maka sesegera mungkin untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Meningkatkan nafsu makan anak adalah hal yang harus menjadi prioritas orang tua ketika mengetahui anaknya tidak ingin makan. Ada beberapa cara untuk menaikkan nafsu makan anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Menu Makanan yang Bervariasi dan Disukai Anak

Sesuai dengan perkembangan anak, biasanya ada makanan-makanan yang lebih disukai oleh anak. Orang tua bisa membuatkan makanan yang disukai oleh anak mereka lebih sering. Tetapi, perlu juga untuk dilakukan variasi agar anak tidak bosan.

Dengan adanya menu yang menjadi favorit anak dan bervariasi, diharapkan nafsu makan anak menjadi meningkat.

Hindari untuk Memaksa Anak Secara Berlebihan

Adakalanya orang tua memang harus memarahi anak karena makannya menjadi sedikit. Tetapi tentunya harus disesuaikan dengan kondisi yang dialami oleh anak.

Jika anak memang dalam kondisi yang tidak sehat, maka orang tua harus lebih bersabar dan memberikan perhatian lebih. Berikan makanan yang memang bisa dimakan dengan mudah oleh anak.

Jika anak tidak memiliki gangguan tertentu, tetapi malas makan, maka sesekali orang tua harus agak memaksa anak agar mau makan. Tentunya dengan memperhatikan menu-menu yang bervariasi itu tadi.

Membuatkan Camilan yang Lezat

Cara lain untuk memperbaik nutrisi anak karena nafsu makan yang rendah adalah dengan memberikan camilan yang menyehatkan. Ada beragam camilan yang bisa dicoba buat, tetapi yang terpenting adalah harus sehat dan juga lezat.

Contoh camilan yang menyehatkan dan juga lezat adalah puding dengan topping buah, salad buah, dan lain sebagainya.

Memberikan Vitamin

Salah satu contoh vitamin yang dapat diberikan pada anak adalah Ms Glow Kids. Multivitamin ini dapat diberikan karena mengandung ekstrak rempah-rempah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu, vitamin ini juga dapat menambah nafsu makan si kecil sehingga membantu para orang tua yang anak-anaknya susah makan. Bagi anda orang tua yang hendak membeli produk ini, bisa mengunjungi [email protected] website nya di www.mskids.co.id

Leave a Comment