Cara Mengirim Email ke Banyak Orang Sekaligus Menggunakan Gmail

Bayangkan ketika Anda adalah seorang ketua kelas dan harus mengirim email ke seluruh anggota kelasnya. Kirim email tersebut bisa saja bukan sekali waktu, tetapi berkali-kali tergantung banyaknya informasi yang harus disebar.

Pasti tidak mungkin Anda menulis satu persatu setiap kali mengirim email bukan?

Untuk memudahkan pengiriman email ke banyak orang sekaligus, kita bisa memanfaatkan fitur grup yang ada pada email. Gmail sebagai salah satu penyedia akun email gratis juga ada fitur untuk membuat grup berdasarkan kontak yang ada.

Cara Mengirim Email ke Banyak Orang Sekaligus Menggunakan Gmail

Dengan menggunakan grup, kita bisa mengumpulkan kontak-kontak tertentu yang sejenis menjadi satu grup. Keuntungannya adalah ketika kita ingin mengirim email ke kontak yang sejenis tersebut, kita cukup mengetikkan nama grupnya saja, tidak perlu ketik manual masing-masing email tujuan.

Berikut ini adalah cara untuk membuat grup agar Anda dapat mengirim email ke banyak orang sekaligus.

Pertama, masuk ke akun Gmail Anda. Setelah itu klik pada link Gmail di sebelah kiri atas dan klik Kontak. Button berwarna merah yang tadinya bertuliskan “Tulis” nanti akan berubah menjadi “Kontak Baru”.

kontak gmail
Kontak Gmail

Arahkan mouse Anda pada bagian kiri (deretan kontak) ke arah bawah dan klik pada link “Grup Baru ..” kemudian masukkan nama grup yang akan dibuat, misalnya Mahasiswa.

cara mengirim email ke banyak orang sekaligus buat grup baru di gmail

Setelah itu sebuah grup bernama Mahasiswa akan dibuat

kirim email melalui grup
Grup Kontak Gmail

Untuk menambahkan daftar kontak, Anda dapat memasukkannya melalui icon + yang ada seperti pada gambar di atas.

Saat Anda mengirim email, Anda cukup mengetikkan “Mahasiswa” di alamat tujuan, secara otomatis akan mengirimkan ke semua kontak yang ada pada grup ini.

Sekian tutorial singkat tentang cara mengirim email ke banyak orang sekaligus menggunakan Gmail. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *