Komputer Anda Lemot? Pelajari Bagaimana Cara Mengatasinya

Komputer yang lemot memang menjadi permasalahan tersendiri bagi kita semua, pengguna komputer. Komputer yang lemot bukan hanya membuat pekerjaan kita menjadi semakin lama selesainya, tetapi juga menguji kesabaran kita dalam berhadapan dengan komputer.

loading...

Tapi jangan terburu-buru kita menyalahkan si komputer yang lemot tersebut, bisa jadi lemotnya komputer tersebut adalah penyebab ketidaktahuan kita dalam merawat komputer.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara mengatasi komputer lemot, silakan Anda menyimak post yang saya tulis berikut ini:

Cara Mengatasi Komputer Lemot

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi komputer lemot.

Uninstall Program yang Jarang Digunakan

Semakin lama komputer digunakan, biasanya jumlah program yang terinstall akan semakin banyak. Padahal, tidak semua program tersebut digunakan. Hal ini lah yang seringkali membuat komputer menjadi semakin lambat.

Secara berkala, lakukan pemeriksaan terhadap program yang terinstall di komputer Anda. Jika memang sudah tidak digunakan, ada baiknya program tersebut di uninstall.

Bersihkan File Temporary

Komputer yang semakin lambat atau lemot seringkali disebabkan karena banyaknya file temporary. File temporary ini bermacam-macam, ada yang merupakan cache, history, temporary files, dan masih banyak lagi. Bersihkan file temporary ini secara berkala dari komputer Anda.

Supaya mudah, Anda dapat menggunakan bantuan software atau program tertentu untuk membersihkannya, seperti Tune Up, CCleaner, dan masih banyak lagi.

cara mengatasi komputer lemot

Menambah Spesifikasi Komputer

Kadangkala kita bertindak sewenang-wenang terhadap komputer. Sebagai contoh, spesifikasi komputer yang minimal kita paksa dengan menginstall program yang berat atau tidak memenuhi batas requirement suatu software atau program tertentu. Tentu saja hal tersebut akan membuat komputer kita semakin lemot.

Oleh karena itu, Anda dapat menambah spesifikasi komputer agar komputer menjadi tidak terlalu lambat. Biasanya yang dapat anda tambah spesifikasinya adalah RAM atau harddisk –azuharu.net.

Kerusakan pada Program Komputer

Program yang rusak bisa jadi menjadi penyabab lambatnya komputer Anda. Saya sendiri pernah mengalami software yang rusak, yaitu karena adanya ketidakcocokan driver pada sistem operasi. Hal itu menyebabkan komputer menjadi tidak nyaman digunakan. Jika Anda mendetekti adanya kerusakan pada program komputer, sebaiknya segera repair program tersebut atau di uninstall saja.

Penyebab Pihak Ketiga

Tidak jarang ada pihak ketiga yang membuat komputer menjadi lemot. Salah satu hal yang sering dialami adalah ketika komputer terjangkit oleh virus tertentu. Biasanya komputer yang terkena virus performanya akan semakin lambat. Oleh karena itu berikanlah anti virus untuk mencegah komputer Anda terkena virus.

Berkaitan dengan anti virus, Anda harus pandai-pandai memilih anti virus. Hal ini karena anti virus bisa menjadi penyebab komputer Anda menjadi lambat. Anti virus secara rutin akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh file yang ada pada komputer. Saat proses pemeriksaan tersebut, bisa saja membuat komputer menjadi lambat.

Semoga bermanfaat.

loading...

1 thought on “Komputer Anda Lemot? Pelajari Bagaimana Cara Mengatasinya”

Leave a Comment