5 Alasan Mengapa Melakukan Jualan Online

Sekarang ini adalah eranya untuk jualan online. Bahkan jika kita teliti lebih jauh, kebanyakan harga barang yang dibeli secara online lebih murah dibandingkan barang yang dibeli secara offline.

Terkadang hal ini tidak terpikirkan sih ya, padahal kalau online seharusnya ada biaya untuk packing dan pengiriman barang. Tetapi entah kenapa, online akan cenderung lebih murah.

Kelebihan membeli barang online juga adanya kupon diskon yang sering diberikan oleh toko online. Dengan menggunakan kupon diskon, maka pembeli akan merasa senang karena mendapatkan harga yang lebih murah.

Mengapa Melakukan Jualan Online?

Dari penjelasan di atas, tentunya sudah menjadi alasan kenapa orang-orang di jaman sekarang lebih suka membeli secara online. Namun, bagaimana dengan sisi penjual? Apakah menjual barang secara online juga menguntungkan?

Mari simak tulisan singkat di bawah ini yang akan menjelaskan tentang mengapa jualan online sangat menguntungkan.

1. Banyak Pilihan Jenis Usaha

Keuntungan melakukan jualan online yang pertama adalah karena jualan online banyak menawarkan jenis usaha. Ada banyak jenis jualan online yang bisa kamu ambil dengan adanya teknologi internet saat ini.

Jenis usaha yang kita kenal adalah mulai dari online shop, dropshipper, reseller, konten kreator, jasa desain, reseller, dan lain sebagainya.

Dari banyaknya jenis usaha tersebut, kamu bisa memilih mana yang lebih tepat untuk kamu geluti.

2. Tidak Perlu Menyewa Toko

Keuntungan yang kedua adalah dengan jualan online, kamu tidak perlu menyewa toko. Kita tau bahwa harga menyewa toko tidak murah. Dengan jualan online kita bisa menghapus biaya sewa toko dan menggunakannya untuk kebutuhan lain

Toko di jualan online, berubah dari toko secara fisik menjadi toko virtual. Karena virtual, kamu. bisa membuat banyak toko tanpa memerlukan banyak biaya seperti halnya toko offline.

3. Jualan Online Dapat Dimulai dengan Modal Kecil

Dengan online, kamu dapat memulai berjualan dengan modal kecil. Dari modal yang awalnya kecil ini, jika kamu dapat mengelolanya dengan baik, maka lama kelamaan akan berubah menjadi keuntungan yang besar.

Salah satu jenis jualan online, yaitu dropshipper, malah tidak membutuhkan modal sama sekali. Kamu hanya perlu paket data untuk mengakses internet, sementara untuk biaya modal sudah ditanggung oleh suplier nya.

4. Proses Jual Beli yang Praktis

Jual Beli secara online adalah jual beli yang praktis. Kenapa begitu? karena dengan jual beli online, proses tawar menawar menjadi hampir tidak ada. Salah satu contohnya adalah ketika di marketplace, pembeli akan melihat-lihat produk yang akan dia beli. Dari banyak list produk tersebut, tentunya ada beragam harga yang bervariasi.

Ketika sudah cocok dengan harga dan penawaran salah satu produk, maka pembeli langsung melakukan pembelian tanpa melakukan penawaran terhadap harga tersebut.

Selain itu, proses pembayaran lewat online juga cenderung lebih praktis. Prosesnya sudah cashless, kamu bisa membayar melalui internet banking, OVO, ataupun ATM.

5. Tidak Perlu Memiliki Banyak Karyawan

Bisnis online kecil-kecilan tidak perlu karyawan sama sekali. Hal ini karena semuanya masih dapat kamu kelola sendiri. Yang kamu butuhkan hanya laptop/HP dengan koneksi internet.

Meskipun namanya kecil-kecilan, tapi keuntungan yang didapatkan lumayan juga. Biasanya kamu akan membutuhkan karyawan jika bisnis kamu sudah berkembang pesat dan kamu memiliki brand sendiri.

Nah, setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan kamu menjadi paham tentang keuntungan jualan online.

Jika kamu punya pendapat lain tentang jualan online, mari share di komentar ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment