Mengatasi Error Membuat Web Aplikasi Yii: PHP exe is not recognized

Setelah lama banget ga menyentuh Yii, akhirnya sekarang saya punya kesempatan buat lebih mendalami tentang Yii.

Sebelumnya saya hanya mendalami Codeigniter, dan berniat mempelajari Yii untuk skripsi. Ternyata pas skripsi saya pake Java Web hahaha.

Nah, baru sekarang ini saya sempat untuk belajar lebih jauh tentang Yii. Segalanya serasa dimulai dari awal karena terakhir kali pake Yii dulu masih sangat-sangat newbie. Newbie nya ini terbukti, waktu pertama create webapp nya, terjadi error php.exe not recognized hehe.

Mengatasi Error Membuat Web Aplikasi Yii: PHP exe is not recognized

Ceritanya komputer ini komputer yang baru diinstall ulang. Semuanya serba baru diinstall termasuk web servernya. Web server yang saya gunakan adalah apache yang tergabung di dalam paket Wamp Server. Apache berjalan dengan normal dan ketika menjalankan perintah yiic webapp, ternyata muncul error. Inilah perintah yang saya gunakan:

C:\wamp\www\yii\framework>yiic webapp test-hello

Nb: Perintah tersebut sebenarnya kurang tepat karena tidak memberikan dimana lokasi tempat aplikasi web dibuat.

Berikut ini adalah error yang muncul ketika menjalankan perintah tersebut:

‘”php.exe”‘ is not recognized as an internal or external command,¬†operable program or batch file.

Edit Environment Variable

Dari tersebut dapat dikira-kira bahwa penyebabnya adalah belum di set-nya Environment variable sehingga Yii tidak dapat menemukan file php.exe

Untuk itu, kita harus mengedit system variable pada variabel Path sehingga menuju ke direktori dimana php.exe berada. Adapun lokasi default php.exe jika kita menggunakan Wamp Server adalah di C:\wamp\bin\php\php5.4.16\ dan ini juga tergantung dari versi PHP yang ada pada Wamp Server.

Jika  Anda tidak paham dengan bagaimana cara edit system variable, ikuti saja cara yang ada pada cara setting path Java, karena tidak jauh berbeda.

mengatasi error membuat web aplikasi yii: PHP exe is not recognized
Edit Environment Variable

Sekian, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *