Mengaktifkan Fitur Auto Complete Project Yii Di NetBeans

Posted in Yii, Monday, February 3rd, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

NetBeans merupakan salah satu IDE yang banyak digunakan, terutama untuk project berbasis Java atau PHP.
Selain NetBeans, software text editor seperti Notepad++ dan Sublime juga menjadi editor yang seringkali digunakan. Ditambah lagi jika mengingat text editor jauh lebih simple dan ringan dibandingkan IDE seperti NetBeans.

Biasanya yang dicari dari sebuah IDE adalah fitur auto complete nya. Fitur auto complete ini selain memudahkan pemula untuk belajar juga memudahkan kita untuk mengetik kode program.

Mengaktifkan Fitur Auto Complete Project Yii Di NetBeans

Akhir-akhir ini saya berkutat dengan Yii framework. Untuk koding saya menggunakan IDE NetBeans. Nah suatu ketika saya mengerjakan project web tersebut di komputer lain, dan fitur auto complete yang ada di NetBeans muncul, persis seperti yang diharapkan.

Tetapi, ketika saya mengerjakan di laptop sendiri… kok fitur auto completenya ga muncul ya?

Akhirnya setelah saya sempatkan untuk Googling, ternyata fitur auto complete tadi muncul ketika folder yii berada di dalam folder project web kita. Dan alasan kenapa fitur auto complete tidak muncul di laptop saya adalah karena folder yii berada di luar folder project. Hal ini tentunya tergantung bagaimana kita mengcreate aplikasi kita.

Nah untuk mengaktifkan fitur auto complete tersebut, kita dapat menambah sedikit konfigurasi dari project kita. Yang harus ita lakukan adalah, klik kanan project > klik Properties. Pada bagian Categories yang berada di sebelah kiri, klik PHP Include Path, dan tambahkan direktori yii dengan menekan tombol Add Folder…

mengaktifkan fitur auto complete

Include Path

Setelah itu cobalah koding lagi, pasti fitur auto complete sudah muncul. Jika ternyata belum muncul, cobalah untuk merestart NetBeans terlebih dahulu.

Jika belum muncul juga, hehe silakan cek lagi, atau Googling 😀

Sekian informasi singkat tentang mengaktifkan fitur auto complete project Yii di NetBeans, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *