Membuat Project Web Baru dengan Yii Framework

Yii, ya itulah yang ada di dalam pikiran saya sekarang. Meski sebenarnya “cukup terlambat” untuk memulai belajar framework ini, tetapi tidak masalah. Sebab, bagaimana lagi, karena kesibukan saya baru bisa memulai belajar sekarang ini.

Oke, seperti pada tutorial-tutorial di web ini, Insya Allah tutorial Yii ini juga akan berkelanjutan. Pada post ini hanya akan membahas bagaimana membuat project baru dengan Yii. Mungkin bagi kebanyakan orang tulisan ini tidak berarti apa-apa, tapi saya yakin, tulisan yang sederhana seperti ini dapat membantu orang-orang yang belum terbiasa membuat aplikasi web.

Membuat Project Web Baru dengan Yii

Software yang dibutuhkan

Untuk membuat project web tentunya ada software-software pendukung yang dibutuhkan. Software pertama yang dibutuhkan sudah pasti adalah web server. Biasanya untuk web server kita menggunakan Apache yang sudah dipaketkan di dalam Wamp Server, XAMPP, atau yang lain. Di dalam Wamp Server atau XAMPP juga sudah terdapat MySQL sehingga kita tidak perlu menginstall MySQL dan Apache secara terpisah.

Di sini saya menggunakan Wamp Server, tetapi Anda juga dapat menggunakan yang lain. Silakan download Wamp di sini.

Software kedua yang dibutuhkan adalah teks editor atau IDE. Kita bisa menggunakan berbagai macam IDE, dari yang simpel sampai kompleks sekalipun Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Di sini saya menggunakan Sublime Text 2 yang bisa di download di sini. Anda juga dapat menggunakan teks editor yang lain seperti Netbeans, Eclipse, Notepad++, asal jangan Notepad bawaannya Windows ya.

Terakhir yang kita butuhkan adalah Yii itu sendiri. Haha sudah pasti donk, kita kan mau membuat project web baru dengan Yii, pasti kita butuh Yii nya.

Membuat project baru dengan Yii

Nah setelah semua requirement terpenuhi sekarang kita dapat memulai membuat web dengan Yii. Pastikan Wamp Server sudah aktif yang ditandai dengan icon di taskbar berwarna hijau.

Pertama extract file Yii yang sudah didownload ke direktori C:\wamp\www di sini saya asumsikan folder Yii itu bernama “yii”
Sekarang bukalah command prompt dan ketikkan perintah berikut untuk berpindah ke direktori yii\framework:

cd C:\wamp\www\yii\framework

Untuk membuat project baru gunakan perintah berikut ini pada terminal:

yiic webapp C:\wamp\www\aplikasi

Perintah di atas akan membuat sebuah aplikasi web baru berbasis yii di direktori www dengan nama “aplikasi”.¬†Jika berhasil maka di command prompt akan ada tulisan Your application has been created successfully dan seterusnya. Kalau Anda mengalami error, misalnya terdapat pesan seperti php.exe not recognized, berarti Anda harus menambahkan environment variable php.exe. Lebih lengkap tentang error tersebut dapat di baca di sini.

Jika Anda menggunakan Linux, mungkin juga mengalami errorr /usr/bin/env php: no such file or directory.

Oke, sekarang kita sudah membuat project baru dengan Yii, selanjutnya kita akan belajar bagaimana membuat CRUD dengan Yii.

2 Comments


  1. mau tanya kalo kita bikin projek web baru lagi apa perlu install yii di folder yg baru lagi? atau tidak perlu??
    trims

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *