Memahami Unknown Search Term pada Statistik Website WordPress

Posted in Wordpress, Sunday, November 3rd, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Dalam mengembangkan website yang berbentuk blog, adalah penting untuk mengetahui sumber visitor atau pengunjung dari website. WordPress dalam salah satu plugin yg berjalan di atasnya, Jetpack, telah menyediakan fasilitas itu.

Ketika masuk ke wp-admin yaitu pada menu jetpack >> statistics kita akan mendapatkan informasi mengenai jumlah pengunjung pada website kita. Tidak hanya itu, kita juga dapat mengetahui keyword apa yang diberikan oleh pengunjung pada search engine sehingga dapat menemukan website kita.

Dari informasi yang ditampilkan, terdapat kata unknown search term. Apakah maksud dari unknown search term tersebut? berikut ini adalah penjelasannya.

Unknown Search Term WordPress

Bagi website yang sudah banyak memiliki pengunjung, tentunya menyadari hal ini, semakin hari, semakin banyak jumlah unknown search term dan hanya sedikit keyword yang dapat ditangkap oleh statistik web WordPress. Sebelum menuju ke unknown search term ada baiknya kita mengetahui apa itu search engine term.

Apa itu Search Engine Term?

Search engine term adalah kata, istilah, dan frase yang seseorang gunakan pada search engine (Google, Yahoo, Bing, dan lain-lain) untuk mencari post dan halaman pada blog Anda. Search engine term ini tidak termasuk pada kata yang dimasukkan di kotak pencarian blog atau form sejenisnya.

Apa itu Unknown Search Term?

Sesuai dengan namanya, unknown search engine term adalah hasil penelusuran search engine yang mengarah ke website kita tetapi kata pencarian (keyword) tersebut di enkripsi sehingga tidak dapat diketahui kata-kata tersebut. Google sebagai salah satu search engine, belakangan ini melakukan enkripsi terhadap keyword pencarian yang diberikan penggunanya. Dahulu, yang dienkripsi adalah bagi pengguna yang login dalam akun Google nya saja. Saat ini, Google telah mengenkripsi seluruh pencarian baik itu pengguna yang telah login ataupun pengguna biasa.

unknown search term wordpressMeskipun Google melakukan hal itu tujuannya adalah untuk meningkatkan perlindungan terhadap penggunanya. Tetapi, ada efek bagi kita para blogger ataupun webmaster. Kita tidak lagi dapat mengetahui keyword apa yang datang dari search engine Google yang menyebabkan pengunjung menemukan website kita. Dalam statistik  blog dari WordPress, informasi yang tidak diketahui itu diklasifikasikan dalam “unknown search term”. Berikut ini adalah kutipan dari http://en.support.wordpress.com/stats/#search-engine-terms mengapa terjadi klasifikasi unknown search term.

Some search engines don’t reveal search terms for privacy reasons. That’s why we don’t always know which search terms were used by visitors who arrived at your site from a search engine. When we don’t know the search terms, we show them as “Unknown search terms”.

Sekian post mengenai unknown search term wordpress. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *