Tutorial Membuat Postingan yang SEO Friendly di WordPress

Posted in SEO, Wordpress, Friday, January 31st, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Content is the King adalah sebuah istilah yang sering disebut-sebut ketika membuat website dengan niche tertentu. Ya, memang konten adalah salah satu penentu apakah website kita akan mendatangkan banyak pengunjung atau tidak. Tetapi, ada juga kasus dimana konten sudah sangat bagus tetapi pengunjung masih saja sepi. Oleh karena itu ada hal-hal yang perlu diperhatikan terkait dari konten itu sendiri.

Tutorial Membuat Postingan yang SEO Friendly di WordPress

Sebagai contoh mari kita gunakan WordPress yang banyak digunakan untuk membuat website. Ketika membuat postingan dengan WordPress, selain dari memperhatikan isi postingan tersebut, kita juga perlu memperhatikan susunan dari postingan tersebut. Berikut ini adalah penjelasannya:

Jumlah kata di dalam artikel

Jumlah kata dalam artikel atau postingan perlu kita perhatikan. Sebaiknya banyaknya kata di dalam artikel tidak terlalu sedikit. Jika hanya berisi tulisan, maka buatlah lebih dari 300 kata. Sedangkan jika ada gambar, 250 kata mungkin sudah cukup. Akan tetapi, semakin banyak jumlah artikel tentunya akan semakin baik, karena hal itu menandakan bahwa banyak informasi yang bisa diambil di dalam postingan tersebut.

Penggunaan Judul Artikel

Dalam pemilihan judul, pilihlah judul yang menggambarkan isi dari postingan. Tujuannya adalah agar pengunjung bisa langsung menebak apakah postingan tersebut berguna atau tidak bagi mereka. Adakalanya kita juga perlu memberikan judul yang menarik, dan menggugah rasa penasaran dari pengunjung.

Banyaknya karakter di dalam judul hendaknya tidak terlalu sedikit atau tidak terlalu banyak. Biasanya, serach engine hanya menampilkan judul sebanyak 60 atau 70 karakter.

Ketika berbicara tentang judul, ini erat kaitannya dengan title tag. title tag adalah kalimat yang muncul pada bagian tab browser. Defaultnya kalimat tersebut akan sama dengan judul yang kita berikan pada postingan. Padahal, kadangkala kita perlu membuatnya berbeda, misalnya judul postingan artikel supaya menarik kita beri nama dengan: “Inilah fitur iPhone yang belum Anda ketahui”, sementara pada title tag kita beri: “Beberapa Fitur iPhone”. Untuk melakukannya kita harus menggunakan plugin tambahan seperti WordPress SEO by Yoast, dan lain sebagainya.

Menggunakan tag H2 dan H3

tutorial membuat postingan yang seo friendly

Nulis Artikel

Penggunaan tag Heading, yaitu H2 dan H3 juga perlu Anda perhatikan. Dalam satu halaman web, hanya ada satu tag H1, dan bisa banyak tag H2 dan H3. Penggunaan tag ini menjelaskan sub bagian postingan Anda sehingga mempermudah pengunjung untuk membaca artikel yang Anda buat. Selain itu, penggunaan tag heading tersebut juga dinilai dapat menaikkan perankingan dari search engine.

Menambahkan Keyword Artikel

Keyword penting ditambahkan karena merupakan kata kunci untuk menemukan postingan Anda di dalam search engine. Misalnya Anda membuat postingan tentang cara membuat website, maka keyword yang perlu Anda tambahkan juga harus menggambarkan tentang cara pembuatan website, misalnya “cara membuat web”, atau “cara membuat website” itu sendiri

Menambahkan Meta Keyword

Meta keyword perlu Anda tambahkan supaya search engine paham tentang postingan yang Anda tulis. Ingat, search engine hanyalah software, dia tidak tau postingan yang Anda buat itu tentang apa, ia hanya tahu dari banyaknya keyword yang ada di dalam postingan tersebut. Oleh karenanya, tambahkanlah meta keyword pada setiap postingan yang Anda buat.
Terkait dengan cara untuk menambahkan meta keyword tersebut, Anda dapat menggunakan plugin tertentu seperti Plugin dari Yoast dan masih banyak lagi plugin sejenisnya.

Menambahkan Meta Description

Meskipun meta description dinilai tidak lagi berpengaruh pada perankingan di serch engine, tetapi meta description ini juga penting untuk ditambahkan. Beberapa pengunjung mungkin akan mengunjungi postingan Anda dengan membaca meta description yang muncul pada hasil pencarian Google. Oleh karena itu, tambahkanlah meta description yang menggambarkan isi dari postingan Anda.

Menambahkan Gambar

Untuk memperjelas postingan Anda, hendaknya tambahkan satu atau dua buah gambar yang berhubungan dengan postingan Anda. Jangan lupa untuk menambahkan image description atau alt text dari gambar yang Anda tambahkan.

Nah, di atas adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar postingan yang Anda buat menjadi SEO friendly. Semuanya dapat Anda lakukan dengan fitur bawaan dari WordPress, kecuali yang menambahkan custom title tag, keyword, meta description, dan meta keyworditu Anda harus menggunakan plugin tertentu.

Mungkin masih ada beberapa hal yang kurang, oleh karena itu Anda dapat menambahkan ilmu yang Anda ketahui di kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *