Mengatasi Plugin WordPress Tidak Bisa di Delete Undefined Function

Posted in Wordpress, Wednesday, January 1st, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Post ini adalah post pertama di tahun 2014. Yap, pagi ini saya bersih-bersih file yang ada di hostingan agar space hosting menjadi lebih longgar. Maklum, disk space usage sudah berwarna merah menunjukkan bahwa hosting sudah hampir penuh.

Ketika menghapus sebuah plugin melalui wp-admin, ternyata muncul error yang menyebabkan plugin tersebut tidak bisa di delete. Sebenarnya sih kita bisa menghapusnya melalui CPanel, tapi bukan cara yang bagus donk hehe.

Mengatasi Plugin WordPress Tidak Bisa di Delete Undefined Function

Jadi ceritanya saya ada plugin bernama Dynamic to Top yang tidak saya gunakan. Saat menghapus sebuah plugin tersebut, ternyata muncul error kurang lebih seperti ini:

Call to undefined function elete_transient() in /home/ … /plugins/dynamic-to-top/uninstall.php on line 16

Jika dilihat sekilas dari error tersebut, seharusnya kita tahu bahwa penyebab error adalah tidak didefinisikannya fungsi elete_transient() pada file uninstall.php di baris 16. Mana mungkin ada fungsi elete, barangkali developer plugin tersebut salah ketik seharusnya fungsi tersebut adalah delete_transient()

Untuk mengatasi error tersebut, kita harus mengedit source code plugin tepatnya pada file uninstall.php

Untuk membuka filenya, kita bisa masuk melalui wp-admin, Plugins >> Installed Plugins lalu klik link Edit pada plugin yang akan diedit. Setelah itu kita akan diarahkan pada halaman Edit Plugins yang pada sebelah kanan terdapat list file yang berkaitan dengan plugin tersebut.

Pilih fileĀ dynamic-to-top/uninstall.php karena berdasarkan error yang muncul, di sanalah penyebabnya. Berikut ini adalah code pada file uninstall.php

// If uninstall not called from WordPress exit
if( ! defined( 'WP_UNINSTALL_PLUGIN' ) )
exit();

// Delete option from options table
delete_option( 'dynamic_to_top' );
elete_transient( 'dynamic_to_top_transient_css' );

Sekarang coba-coba saja nih, tadi kan fungsi elete_transient() yang kita curigai jadi penyebab error tersebut, so coba untuk mengubahnya menjadi delete_transient().

delete_transient( 'dynamic_to_top_transient_css' );

Jangan lupa di save dengan menekan tombol Update File ya.

Setelah itu Anda dapat mencoba menghapus plugin itu sekali lagi, dan… pasti berhasil!

Oke, memang penyebab error bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena fungsi delete yang penulisan code nya terdapat kesalahan seperti deskripsi saya di atas. Yang penting, Anda harus pandai-pandai menebak penyebab terjadinya error tersebut.

Sekian post tentang plugin WordPress tidak bisa di delete, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *