Mengatasi Jetpack Error register_http_request_failed pada WordPress

Posted in Wordpress, Friday, January 10th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Tutorial ini masih berkaitan dengan tutorial sebelumnya yang membahas tentang error yang terjadi di WordPress self hosting. Kalau pada tutorial tersebut adalah untuk mengatasi error “Briefly unavailable for scheduled maintenance” yang terjadi karena update plugin gagal, maka post ini adalah tentang Jetpack yang mengalami error saat melakukan koneksi ke WordPress.com

Jika Anda belum tahu, Jetpack adalah salah satu plugin WordPress yang paling penting (menurut saya). Hal ini karena Jetpack memungkinkan kita yang menggunakan wordpress self hosting memperoleh fitur dari wordpress.com seperti WordPress stats.

Mengatasi Jetpack Error register_http_request_failed

Setelah menginstall dan mengubah status Jetpack menjadi active, kita harus menghubungkan Jetpack ke akun WordPress kita. Salah satu tujuannya adalah agar WordPress dapat memantau statistik dari website kita sehingga kita bisa melihat jumlah pengunjung web pada waktu tertentu.

Berikut ini adalah screenshot error register_http_request_failed yang muncul ketika hendak mengaktivasi Jetpack.

jetpack error

Untuk mengatasi error tersebut, kita dapat menambahkan sebaris kode pada file wp_config.php agar Jetpack tidak melalui protokol HTTPS. Anda dapat menggunakan FTP manager ataupun menggunakan Editor yang ada pada CPanel secara langsung untuk membuka file wp_config tersebut.

wp_config.php

define( 'JETPACK_CLIENT__HTTPS', 'NEVER' );

Saya tidak tahu apakah jika Anda mengalami error yang sama cara ini akan berhasil, yang jelas saya berhasil mengatasinya 🙂

Oh iya, perlu diingat juga, ketika kita melakukan cara di atas, maka secara otomatis Jetpack tidak akan menggunakan HTTPS untuk update, artinya, tingkat security dari web kita akan menjadi lebih rendah. Akan lebih baik lagi jika kita menghubungi administrator server atau hosting agar mengaktifkan HTTPS pada web kita.

Sekian tutorial mengatasi Jetpack error ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *