Menampilkan List Post pada Suatu Page di Wordpress Menggunakan Plugin

Beberapa waktu lalu saya dimintai bantuan oleh saudara untuk melakukan konfigurasi terhadap website yang sedang dibangunnya. Website tersebut adalah website berita, menggunakan WordPress. Salah satu konfigurasi yang harus dilakukan adalah menampilkan list post pada suatu page.

Saya pikir sudah banyak plugin yang berfungsi untuk menampilkan deretan post dalam page, eh ternyata pas saya cari-cari cukup sulit menemukannya. Untuk itu saya share di sini.

Menampilkan List Post pada Suatu Page di WordPress Menggunakan Plugin

Salah satu plugin yang dapat digunakan untuk membuat list berdasarkan kategori adalah plugin list category posts. Plugin tersebut dapat digunakan dengan mudah dengan cara menambahkan code pada page yang akan ditampilkan.

Menggunakan Plugin List Category Posts

Untuk memudahkan Anda yang masih newbie dan awam terhadap kode-kode program, cara menggunakan plugin tersebut adalah sebagai berikut:

Download terlebih dahulu pluginnya di http://wordpress.org/plugins/list-category-posts/ dan segera install plugin tersebut, serta jangan lupa untuk aktifkan terlebih dahulu.

Buatlah sebuah page kosong. Beri nama page dan isikan artikel seperti biasa. Untuk memasukkan kode yang nantinya digunakan untuk menampilkan list post, pindahlah ke tab Text pada editor kemudian masukkan code berikut:

Name = pidana berarti category yang ditampilkan daftar postsnya adalah posts yang memiliki category pidana. Ingat yang dipakai di sini adalah slug ya. Apa itu slug? cobalah buka pada wp-admin, Post >> Categories, di sana Anda dapat menemukan slug dari kategori yang ada.

Numberposts = 10 berarti jumlah post yang ditampilkan maksimal adalah 10 artikel. Jika postingan Anda kurang dari 10 maka yang ditampilkan juga akan kurang dari 10.

Silakan Publish dan lihatlah hasilnya, jika Anda melakukannya dengan benar maka akan muncul deretan judul beserta link post yang tampil pada page tersebut.

menampilkan list post pada suatu page di wordpress
Contoh penggunaan plugin

Masih banyak kode yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti kode berikut:

    Selain category, ternyata plugin tersebut juga dapat menampilkan berdasarkan tags. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan plugin tersebut, atau kode yang dapat digunakan apa saja, Anda dapat membuka link di atas dan mempelajarinya  lebih lanjut. Silakan Anda coba-coba sendiri ya!

    Sekian tutorial singkat tentang membuat list artikel berdasarkan kategori di wordpress. Semoga bermanfaat

    1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *