Menampilkan Artikel dari Blog Lain Menggunakan RSS Import

Bagaimana menampilkan artikel dari blog lain di WordPress? Itu adalah pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Cukup gunakan plugin tertentu, kita dapat menampilkan artikel dari blog lain yang juga WordPress di dalam blog kita. Asumsinya blog kita juga pake WordPress lho ya.

Jika Anda menggunakan plugin Jetpack, pada bagian Appearance >> widget sudah terdapat widget untuk menampilkan post dari blog lain yang juga menggunakan Jetpack (namanya adalah Display WordPress Post). Masalahnya, ketika saya mencoba menggunakannya malah muncul error pada tampilan blog ini.

Jujur saya tidak mau habis pikir, masih banyak plugin yang bisa dicoba-coba dan tentunya tanpa keluar error. Alhasil, jadilah postingan ini sebagai catatan menampilkan artikel dari blog lain itu tadi.

Menampilkan Artikel dari Blog Lain Menggunakan RSS Import

RSS-Import adalah salah satu plugin WordPress yang dapat kita gunakan untuk menampilkan artikel di blog lain di blog kita. RSS-Import akan mengambil informasi post terbaru dari RSS feed blog kita.

Tahukan RSS feed? kalau tidak tahu, cobalah buka http://azuharu.net/feed/ maka akan muncul yang namanya RSS feed hehe. Itulah yang akan diambil oleh plugin tersebut dan ditampilkan pada blog kita.

Untuk menginstall RSS-Import, Anda dapat mengunduhnya di repository plugin WordPress. tepatnya pada URL ini: http://wordpress.org/plugins/rss-import/

Setelah plugin tersebut aktif, maka di bagian Appearance >> widget akan muncul widget baru yang bernama RSSImport. Pasanglah widget tersebut dan berikan konfigurasi sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Pada bagian title Anda harus memberikan Title untuk widget dari blog yang akan ditampilkan artikelnya. Title ini akan ditampilkan pada judul sidebar di blog Anda. Sedangkan pada bagian URL for title, isikan URL dari blog yang akan anda tampilkan artikelnya. URL ini akan jadi link pada judul sidebar di blog Anda nantinya. Jangan lupa sertakan “http://”

Pada bagian display, isikan jumlah artikel yang akan Anda tampilkan. Terakir, jangan lupa juga masukkan alamat feed pada bagian FeedURL, yaitu URL dari feed blog yang akan Anda tampilkan artikelnya.

menampilkan post dari blog lain menggunakan rss import
RSSImport Widget

Konfigurasi dari plugin ini sebenarnya bisa banyak sekali, tetapi cukup beberapa konfigurasi di atas, sudah memenuhi kebutuhan kita. Sisanya, biarkan saja apa adanya.

Saat Anda memasang widget tersebut, mungkin saja artikel dari blog lain tidak langsung muncul dan yang tertampil adalah pesan error. Anda tidak perlu khawatir, tunggu saja beberapa saat, maka feed dari blog lain akan ditampilkan dengan baik.

Sekian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *