Mempercepat Loading Website dengan Gzip Melalui Konfigurasi CPanel

Posted in Wordpress, Wednesday, January 1st, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Pernahkah merasa bahwa loading website Anda sangat lama? Padahal Anda yakin telah memilih hosting yang cukup baik. Kesalahan mungkin bukan pada hosting, tetapi pada website Anda sendiri. Nah, tutorial singkat ini membahas tentang kompresi data website menggunakan gzip.

Anda pasti pernah mendengar format archive seperti zip, rar, tar.gz dan lainnya. Gzip juga sama seperti mereka, yaitu sebuah algoritma kompresi data.

Bingung? begini, bayangkan Anda memiliki ratusan file foto dalam sebuah folder. Jika Anda ukur size nya, misalnya folder tersebut memiliki size 100 MB. Ketika folder tersebut Anda kompress menjadi sebuah file zip maka size nya akan menjadi lebih kecil, 95 MB, atau mungkin menjadi lebih kecil lagi dengan algoritma kompresi yang lebih baik dari zip seperti tar.gz

Begitu juga dengan website Anda. File-file di dalam hosting adalah file PHP, HTML, Javascript, CSS, dan images. Jika kita lihat, file PHP misalnya, di dalam file tersebut terdapat banyak sekali tag tag HTML. Tag tersebut selalu muncul berulang-ulang baik di dalam file yang sama ataupun berbeda. Singkatnya, file di dalam hosting sangat cocok jika dikompres.

Mempercepat Loading Website dengan Gzip Melalui Konfigurasi CPanel

Perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan kompresi sangat signifikan.  Menurut http compression test, web http://azuharu.net ini sebelum di kompres size nya berukuran 45.09 KB, setelah di kompres, ternyata ukurannya bisa menjadi 9.32 KB. Signifikan bukan? Jadi buat visitor yang pake paket data internet pas pasan tidak perlu khawatir akan paket data internet yang boros.

mempercepat loading website dengan gzip

Hasil setelah Gzip di enable

Oke, cukup penjelasannya, sekarang kita ke topik utama yaitu untuk mempercepat loading website dengan gzip melalui konfigurasi CPanel. Pertama, login lah ke CPanel Anda, setelah itu pada bagian Software / Service pilihlah Optimize Website.

mempercepat loading website cpanel

Optimize Website Disabled

Defaultnya, konfigurasi untuk optimasi website adalah disabled. Anda dapat memilih Compress the specified MIME types dan memasukkan MIME types sebagai berikut:

text/html text/plain text/xml text/css application/x-javascript application/javascript text/javascript

Jangan lupa klik Update Settings untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Selain pilihan Compress the specified MIME types, ada juga pilihan Compress all content. Pertanyaannya, kenapa kita tidak memilih Compress all content? Jawabannya adalah agar file images tidak ikut terkompresi juga. Jika images yang banyak juga dikompress, akan membebani server, dan hal itu tidak seimbang dengan perbedaan ukuran images sebelum dan sesudah di kompres.

 

Sekian tutorial singkat dan penjelasan tentang mempercepat loading website dengan gzip, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *