Membuat Floating Ads yang Tidak Hilang Saat di Scroll

Dalam blog atau website banyak kita temui iklan baik itu iklan dari Google Adsense, Chitika, maupun iklan lokal. Saat ini iklan telah menjadi salah satu sumber penghasilan online yang menjanjikan. Bagaimana tidak, dengan iklan yang terpasang di website kita dapat mengetahui informasi mengenai suatu produk dengan lebih cepat.

Jika seorang pengunjung web tertarik dengan produk yang diiklankan maka ia akan melakukan klik terhadap iklan tersebut dan dapat membeli produk secara online. Dari sisi pengguna iklan membantu mereka dalam mencari produk, sedangkan dari sisi pemilik web, iklan memberikan earning dari hasil klik iklan tersebut.

Dari sisi pemilik web yang dalam hal ini adalah publisher, menempatkan iklan pada posisi yang strategis sangatlah penting. Iklan harus berada pada lokasi yang dapat dengan mudah dilihat pengunjung web tetapi juga tidak boleh mengganggu pengunjung dalam mencari informasi di dalam website. Publisher juga sebaiknya tidak memaksa pengunjung untuk mengeklik iklan sebagai syarat untuk membaca halaman web mereka.

Salah satu cara agar iklan dapat dengan mudah dilihat oleh pengunjung adalah dengan menempatkannya pada sisi kanan dan kiri website. Jadi misalnya lebar website kita hanya 80% dari resolusi layar, maka terdapat sisa 20% yaitu 10% di kanan dan 10% di kiri halaman yang dapat dimanfaatkan untuk space iklan. Untuk lebih memastikan iklan tersebut dilihat pengunjung, kita dapat membuatnya menjadi melayang (floating).

Membuat Floating Ads yang Tidak Hilang Saat di Scroll

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, membuat floating ads atau iklan melayang sangat mudah. Anda dapat memanfaatkan plugin Floating Adsense Bar yang dapat di unduh di wordpress.org. Dengan menggunakan plugin tersebut Anda dapat membuat floating Ads tanpa harus berurusan dengan source code PHP website.

Berikut ini adalah screenshot konfigurasi dari Floating Adsense Bar:

membuat floating ads
Floating Adsense Bar

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa terdapat beberapa konfigurasi yang harus diberikan, seperti:

  • Ukuran panjang dan lebar dari iklan yang akan ditampilkan
  • Posisi float iklan disebelah kanan atau kiri, dan
  • Kode atau script iklan yang akan ditampilkan

Plugin ini secara otomatis akan membuat iklan yang tampil menjadi melayang (floating). Jika Anda tidak menginginkannya atau ingin iklan dapat di scroll, Anda dapat memodifikasi file CSS dari plugin tersebut.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *