Membuat Artikel Terkait di Sidebar dengan Contextual Related Post

Posted in Wordpress, Tuesday, December 24th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Salah satu cara untuk membuat pengunjung betah di blog kita adalah dengan membuat tampilan blog yang menarik. Tapi menarik saja tidak cukup, konten di dalam web juga harus dapat dibaca dengan mudah oleh pengunjung.

Pagi ini saya iseng-iseng membuka statistik blog ini di Jetpack. Ketika saya lihat, saya sadar akan sesuatu, ternyata post yang banyak dikunjungi adalah post yang itu-itu saja. Padahal jika dihitung-hitung, ada banyak sekali artikel di blog ini. Apakah post yang jarang dikunjungi tersebut tenggelam di search engine, ataukah memang jarang orang yang mencari tutorial seperti yang saya tulis?

Membuat Artikel Terkait di Sidebar dengan Contextual Related Post

Saya pikir bukan hanya saya yang mengalami masalah seperti ini. Jumlah postnya banyak, tapi kok artikelnya yang rame cuma beberapa saja. Alasan yang paling tepat mungkin karena post tersebut lah yang muncul pada deretan atas hasil pencarian Google, sedangkan post yang lain mungkin berada pada urutan sekian ratus dari hasil penelusuran.

Nah, agar post yang jarang dikunjungi tersebut menjadi ada pengunjungnya, salah satu caranya adalah dengan menggunakan “related  posts” pada blog kita.

Related post ini akan muncul ketika pengunjung masuk ke halaman blog, dan bukan tidak mungkin mereka akan membaca melalui related post tersebut.

Di WordPress banyak tersedia plugin untuk membuat related post. Salah satunya adalah Contextual Related Post. Plugin tersebut dapat membantu kita menampilkan related post tanpa harus koding, gampang bukan?

Oh iya, post ini masih bagian dari tutorial WordPress yang saya tulis di sini lho ya: Cara Membuat Website WordPress dengan Gratis.

Cobalah untuk menginstall plugin tersebut. Setelah diinstall Anda dapat memasukkan sidebar dari menu Appearance >> Widget. Sedangkan pengaturan untuk plugin tersebut ada pada Settings >> Related Posts.

membuat artikel terkait di sidebar dengan contextual related post

Contextual Related Posts Widget

Pada widget yang dipasang, ada pengaturan tertentu yang dapat kita berikan seperti apakah harus menampilkan thumbnail atau tidak, termasuk dimana posisi thumbnail tersebut. Setelah itu pada halaman post Anda berada akan ditampilkan related posts sesuai dengan konfigurasi barusan.

Sekian post singkat tentang membuat related post di WordPress menggunakan plugin, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *