Kemana Perginya Wordpress Link Manager?

Sampai WordPress versi 3.5, kita masih menemukan menu Links di Dashboard kita. Di WordPress versi setelahnya sampai sekarang, kita tidak menemukan lagi menu Links di Dashboard, kecuali kalau kita pernah menggunakan Links di versi 3.5 dan sebelumnya.

Memang, Link Manager telah dihapus dari WordPress Core, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengelola Link lagi di dalam WordPress. Kita masih bisa menggunakan plugin tertentu untuk mengelola Link yang ada di blog.

Kemana Perginya WordPress Link Manager?

Sebelum beranjak lebih jauh tentang WordPress Link Manager, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Link manager di WordPress versi 3.5 dan sebelum-sebelumnya.

Sesuai namanya, Link Manager berfungsi untuk mengelola Link di dalam blog. Kalau Anda kenal istilah Blogroll, Blogroll itu adalah salah satu kategori dari Link Manager dimana kita juga bisa menambahkan kategori-kategori yang lain sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk lebih memperjelas, berikut ini adalah screenshot dari WordPress Link Manager yang ada di dalam blog saya.

wordpress link manager
WordPress Link Manager

Nah, sudah tau kan tentang WordPress Link Manager? Sekarang link manager tersebut sudah tidak disertakan lagi. Tapi jangan khawatir karena kulit manggis ada ekstraknya #eeeh

Bukan, maksud saya, WordPress Link Manager tetap ada. Silakan cek di WordPress Plugin, di sana ada plugin yang namanya Link Manager. Itulah WordPress Link Manager official sama seperti WordPress Versi 3.5 dan sebelum-sebelumnya. Meskipun masih beta, tapi tetap pantas untuk dicoba.

Saya sendiri belum sempat mencoba, karena saya sudah menggunakan WordPress sejak lama, maka Link Manager bawaan masih ada di instalasi WordPress saat ini dan tidak hilang saat update.

Untuk plugin Link Manager yang lain, silakan cari sendiri ya, saya kira banyak plugin seperti itu, seperti WP Links, dan lainnya.

Sekian informasi tentang: Kemana perginya WordPress Link Manager

Semoga bermanfaat.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *