Cara Memperbaiki Thumbnails Gambar Wordpress

Jika Anda seringkali mengganti-ganti theme WordPress pada blog pastinya merasakan keanehan pada thumbnails gambar yang muncul. Seringkali pada thumbnails yang muncul excerpt sama sekali tidak sesuai dengan ukuran yang seharusnya. Hal ini terjadi karena theme yang digunakan memiliki image ratio berbeda dari theme yang sebelum-sebelumnya.

Bingung dengan penjelasan di atas, semoga tidak ya. Kalau masih bingung begini gambaran simple  nya. Bagi Anda yang begitu care dengan tampilan blog pasti akan memilih theme berkali-kali sampai menemukan theme yang cocok. Seringkali Anda merasa theme atau template blog tersebut tidak cocok karena gambar thumbnails yang muncul di halaman home tidak beraturan.

Padahal thumbnails yang tidak beraturan itu bukanlah kesalahan dari theme yang baru dipasang. Hal itu terjadi karena thumbnails yang ditampilkan adalah thumbnails dengan ratio milik theme sebelum-sebelumnya (biasanya mengikuti theme yang pertama kali dipasang).

Cara Memperbaiki Thumbnails Gambar WordPress

Untuk memperbaiki thumbnail tersebut, kita dapat menggunakan sebuah plugin yaitu Regenerate Thumbnails. Plugin ini dapat didownload dengan mudah di http://wordpress.org/plugins/regenerate-thumbnails/

Setelah mengupload dan mengaktifkan plugin tersebut, Anda dapat masuk ke wp-admin pada bagian Tools >> Regen. Thumbnails. Inilah tampilan pada plugin Regen. Thumbnails.

cara memperbaiki thumbnail gambar wordpress
Regenerate Thumbnails

Cara memperbaiki thumbnails gambar wordpress cukup dengan menekan button Regenerate All Thumbnails, setelah itu plugin akan mengkonversi semua thumbnails agar sesuai dengan theme yang baru dipasang.

cara memperbaiki thumbnails gambar wordpress
Progress Regenerate Thumbnails

Jika proses telah selesai, maka plugin akan menampilkan informasi berapa jumlah gambar yang berhasil atau tidak berhasil diproses. Setelah itu Anda dapat mengecek tampilan blog Anda secara langsung untuk melihat hasilnya.

cara memperbaiki thumbnails gambar wordpress
Regenerate Thumbnails Success

Berikut ini adalah tampilan thumbnails pada Azuharu.net sebelum dan sesudah digunakannya plugin Regenerate Thumbnails.

Sebelum digunakan

regenerate thumbnails sebelum digunakan pada azuharu.net
Sebelum digunakan

Setelah digunakan

regenerate thumbnails setelah digunakan pada azuharu.net
Setelah digunakan

Bagaimana? terdapat perbedaan thumbnails kan? Tentunya setelah menggunakan plugin Regenerate Thumbnails gambar yang ditampilkan pada blog akan jauh lebih rapi.

Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.

3 Comments


  1. Kalau memperbaiki thumbnail blogger yang rusak gimana?

    Reply

  2. Ini dia artikel yang saya cari dri smlm 😀
    terima kasih info nya gan..
    jngn lupa mmpir juga ^^

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *