Cara Membuat Read More di Artikel Wordpress

Menggunakan Read More (excerpt) pada WordPress akan memudahkan pembaca dalam mengambil informasi dari website Anda. Permasalahannya adalah,  tidak semua theme WordPress mendukung adanya excerpt secara otomatis. Jika tidak diberikan excerpt, maka tampilan home pada website menjadi panjang karena seluruh post ditampilkan semua. Bayangkan saja jika terdapat 5 post yang ditampilkan Read More di home. Pasti pengunjung kesulitan men-scroll halaman dan mengetahui post terbaru dari website tersebut.

Oh iya, apakah Anda tahu istilah excerpt? Jika belum tahu, gampangnya excerpt adalah ringkasan atau potongan artikel pada post, biasanya terdapat kata Read More, Continue Reading atau More… saja.  Untuk membuat pengunjung menjadi nyaman, sebaiknya kita menggunakan excerpt di setiap artikel kita.

Cara Membuat Read More di Artikel WordPress

Untuk membuat Read More di WordPress silakan ikuti petunjuk yang saya berikan berikut ini.

Pertama Anda harus login terlebih dahulu ke dalam wp-admin blog Anda. Setelah itu buatlah post baru dengan menekan menu New >> Post pada menu di deretan atas halaman admin.

Ketiklah artikel yang akan Anda post seperti biasa, jika sudah selesai, itu taruhlah kursor pada kalimat terakhir dimana Anda akan meletakkan kata Read More. Kemudian klik lah icon “Insert More Tag” pada deretan menu editor post. Selain itu Anda juga dapat menggunakan shortcut Alt + Shift + T

Cara Membuat Read More di Artikel WordPress
Cara Membuat Read More di Artikel WordPress

Setelah artikel tersebut Anda publish, maka akan terdapat kata More… pada post tersebut di halaman home website Anda.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *