Cara Membuat Kotak Like Facebook Melayang Ketika Website Dibuka

Posted in Wordpress, Monday, December 2nd, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Ketika saya menulis post ini, Page Facebook dari Azuharu ~ Another Dream ini telah mencapai 1000 like. Terima kasih buat teman-teman semua atas like-nya. Semoga tulisan-tulisan yang saya tulis selama ini bisa membantu kita semua untuk belajar.

Pada post kali ini, saya ingin memberikan referensi bagaimana cara membuat kotak like Facebook yang melayang. Sebagai gambaran, ketika Anda mengunjungi suatu website, Lawatek misalnya. Maka setelah website selesai di load akan muncul kotak di tengah-tengah. Sudah paham dengan yang saya maksud?

Cara Membuat Kotak Like Facebook Melayang Ketika Website Dibuka

Seperti biasa, ketika kita bermain dengan WordPress, segalanya menjadi lebih mudah. Kita dapat menggunakan berbagai macam plugin untuk memenui kebutuhan kita dalam melakukan customisasi blog yang kita miliki. Untuk membuat kotak like Facebook kita juga dapat menggunakan plugin tertentu. Berikut ini adalah dua macam plugin yang pernah saya gunakan untuk membuat popup like ketika blog pertama kali terbuka.

Facebook Page Promoter Lightbox

Facebook Page Promoter Lightbox adalah plugin yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Kita dapat mengunduh plugin tersebut di http://wordpress.org/plugins/facebook-page-promoter-lightbox/

Setelah instalasi dan mengaktifkan plugin, kita hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi, yaitu mengisikan ID Facebook Page kita, dan menentukan lokasi dimana saja kotak like ditampilkan. Kelebihan dari plugin ini adalah konfigurasinya yang simpel dan tampilannya yang menarik untuk dilihat. Berikut ini adalah halaman konfigurasi untuk Facebook Page Promoter Lightbox.

cara membuat kotak like facebook

General Options Facebook Page Promoter Lightbox

Kemudian ini adalah tampilan plugin tersebut ketika sudah bekerja.

cara membuat popup facebook pages

Kotak Like dari Plugin Facebook Page Promoter

Social PopUP – Google+, Facebook and Twitter popup

Social PopUp juga merupakan plugin yang layak dicoba. Plugin ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Facebok Page Promoter Lightbox. Dengan plugin ini kita dapat memberikan banyak opsi like jadi bukan hanya Facebook saja. Selain itu kita juga dapat mengatur tampilan popup yang keluar dengan menambahkan kode HTML dan CSS kita sendiri. Plugin Social PopUp ini dapat diunduh di http://wordpress.org/plugins/social-popup/

Berikut ini adalah beberapa gambar plugin Social PopUp. Yang pertama adalah gambar konfigurasi plugin:

membuat kotak faceboox like melayang

Social PopUP Main Settings

Selain main settings, terdapat konfigurasi lain yaitu Styling, Display Rules, dan Debugging. Ketiga tab ini bersifat opsional, artinya jika Anda tidak membutuhkan, dapat diabaikan. Untuk tampilan ketika digunakan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

tutorial membuat kotak facebook like melayang ketika halaman selesai diload

Social PopUP ketika Dijalankan

Antara dua plugin di atas, Anda dapat memilih mana yang ingin digunakan. Jika  Anda lebih menyukai plugin yang simple dan tidak banyak konfigurasi, maka Anda dapat memilih plugin yang pertama. Sedangkan jika Anda ingin dapat melakukan styling dan konfigurasi lebih jauh serta menampilkan bukan hanya Facebook, maka plugin kedua layak Anda coba.

Selain dua plugin di atas, pasti masih banyak plugin-plugin lain yang dapat digunakan untuk membuat kotak like yang muncul ketika halaman selesai diload. Anda dapat mencarinya sendiri pada website plugin WordPress.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *