Cara Memasang Icon Website di WordPress.com

Posted in Wordpress, Sunday, February 2nd, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Beberapa hari yang lalu ada teman saya yang tanya bagaimana cara membuat icon website. Dalam pikiran saya sudah terbayang yang dia maksus “icon website” itu apa. Ya, yang dia maksud adalah favicon. Ketika kita membuka browser dan membuka halaman web, di tab browser tersebut akan ada icon kecil dari website yang bersangkutan, itulah favicon.

Pada tutorial sebelumnya, saya pernah membahas mengenai bagaimana membuat favicon menggunakan photoshop. Setelah favicon dibuat tentunya harus kita pasang juga kan. Nah, tutorial ini membahas tentang bagaimana cara memasang icon website (favicon) pada blog. Blog yang digunakan saya asumsikan adalah WordPress yang versi gratis alias subdomain wordpress.com.

Cara Memasang Icon Website (Favicon) pada WordPress.com

Cara memasang icon website ini sebenarnya sangat mudah, sayangnya banyak pengguna blog yang tidak tahu. Hehe buktinya teman saya yang pernah bertanya itu tidak tahu bagaimana cara memasangnya. Dan jujur, dulu saya juga sempat kesulitan ketika ingin mengganti favicon dari blog saya yang lain.

Oke, pertama Anda harus siapkan dulu file gambar yang akan dijadikan favicon. Gambar tersebut tidak perlu berformat ico, cukup file berformat png atau jpeg saja. Anda juga tidak perlu mengubah resolusi gambar karena nanti ketika dipasang, akan ada fitur resize sehingga Anda dapat mengaturnya nanti.

Setelah gambar siap, sekarang Anda harus masuk ke dalam halaman dashboard admin WordPress Anda.

Masuklah ke bagian Settings > General, di sana Anda dapat melihat yaitu pada bagian sebelah kanan ada tulisan Blog Picture / Icon. Sekarang uploadlah gambar yang Anda sudah siapkan tadi dan crop sesuai dengan kebutuhan Anda.

cara memasang icon website di wordpress

Blog / Picture Icon

Saya pikir Anda kini sudah bisa memasang favicon di WordPress yang Anda miliki. Jika belum silakan tulis kesulitannya dimana melalui kotak komentar di bawah.

Sekian tutorial cara memasang icon website di WordPress. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *