Blogspot Bisa Jadi Lebih Powerfull Daripada WordPress

Posted in Wordpress, Friday, December 6th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Hari ini saya seharian main-main dengan blogspot. Dari ubah template, modifikasi tampilan, optimisasi buat SEO, dan masih banyak lagi. Haha blogspot saya yang satu itu kasian karena ga pernah diurus. Sebenarnya saya lebih suka WordPress karena fiturnya yang banyak ditambah lagi banyaknya plugin yang bisa digunakan. Tetapi hari ini saya menyadari sesuatu bahwa: Blogspot bisa jadi Lebih powerfull dari WordPress.

Kenapa demikian? Ya, faktor utama yang menyebabkan saya berpikir seperti itu adalah karena Blogspot itu anaknya Google. Jadi, wajar saya bila Google akan lebih mengutamakan Blogspot ketika proses pengindexan website.

Blogspot Bisa Jadi Lebih Powerfull Daripada WordPress

Setuju dengan pernyataan saya di atas? Ibarat kata sih orang tua pasti mbelain anaknya. Hal ini terbukti ketika kita bikin blog baru di Blogspot. Selang beberapa jam saja ternyata sudah ada visitor. Lebih hebatnya lagi, tidak lama setelah itu blog kita sudah masuk ke dalam search engine Google.

Biasanya, visitor pertama dari blog adalah kallery dan vampire stat. Ya, katanya sih kedua web itu adalah spam, tapi ga tau juga hehe. Yang jelas sudah ada visitor saat pertama blog dibuat itu luar biasa. Ada beberapa hal yang menyebabkan Blogspot dapat lebih powerfull ketimbang WordPress, diantaranya adalah sebagai berikut:

Blogspot adalah anak kandung Google – Point ini sudah saya jelaskan di atas ya hehe.

Blogspot itu gratis – Ini adalah point yang sangat sangat penting. Blogspot tidak meminta kita biaya sepeserpun! Berbeda ketika kita menggunakan WordPress. Baik WordPress yang hosting di WordPress-nya ataupun self hosting, dua-duanya sama-sama membutuhkan biaya. Ketika kita menggunakan Blogspot, biaya yang kita butuhkan cuma biaya makan, minum, internet, dan bayar domain. Just it!

Blogspot ringan dan cepat loadingnya – Ini adalah  alasan kenapa banyak orang lebih menyukai Blogspot. Jika kita lihat, ukuran template Blogspot sebagian besar tidak kurang dari 100KB. Coba Anda bandingkan dengan WordPress. Ukuran theme WordPress biasanya selalu 300KB-an ke atas. Belum lagi jika theme yang digunakan adalah theme premium yang butuh banyak plugin. Tentunya akan menambah beratnya loading website kita.

Blogspot terhubung dengan Picasa dan fitur Google lainnya – Yap! Blogspot itu secara otomatis terhubung dengan saudara-saudaranya, sesama anak kandung Google. Jadi, ketika upload gambar, gambar tersebut akan masuk ke Picasa. Ketika posting artikel, secara otomatis artikel tersebut akan dishare ke Google Plus. Keren kan?

Banyak pilihan theme – Seperti halnya WordPress, Blogspot juga memiliki banyak pilihan theme atau template yang dapat digunakan. Bedanya, blogspot ini lebih customizable (mudah dikustomisasi atau dioprek2 gitu). Banyak sekali tutorial di internet yang membahas bagaimana modifikasi fitur dan lain sebagainya. Terlebih lagi, jika diliat-liat, harga theme premium Blogspot lebih murah daripada WordPress.

Selain dari kelebihan di atas, tentunya masih banyak kelebihan lainnya. Perlu juga diketahui bahwa ada juga kelemahan dari Blogspot jika dibandingkan dengan WordPress. Tunggu tulisan saya selanjutnya ya heehe. Oke, sekian penjelasan dari saya mengenai Blogspot dan WordPress. Sekarang, kembali lagi kepada Anda, hendak menggunakan yang mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *