Apa Itu Content Management System?

Di antara pembaca pasti ada yang pernah mendengar kata CMS. CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Istilah CMS ini sudah pasti diketahui oleh orang-orang yang suka nge-blog atau suka membuat website terutama yang menggunakan WordPress atau Joomla.

Bagi orang awam, mereka kebanyakan tidak tahu istilah tersebut. Padahal CMS akan sangat memudahkan kita dalam membuat website. Jika anda masih penasaran dengan CMS, ya WordPress itulah salah satu contoh CMS.

Apa itu Content Management System?

Pada post ini saya ingin sedikit menjelaskan tentang apa itu content management system. Menurut Wikipedia, content management system adalah program komputer yang membuat kita dapat mempublikasikan, mengedit, dan memodifikasi melalui tampilan yang terpusat.

Pengertian tersebut memang pengertian CMS secara general atau umum. Tetapi pada post ini dikhususkan bahwa CMS adalah CMS yang berkaitan erat dengan tool untuk membuat website.

Mengapa Menggunakan CMS?

Selain menggunakan CMS, kita dapat membuat web by coding sesuai dengan kebutuhan kita menggunakan PHP dan MySQL. Tetapi proses seperti itu akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan website.

Berbeda halnya jika kita menggunakan CMS, proses pembuatan website akan lebih cepat. CMS sendiri, seringkali digunakan untuk membuat website seperti web blog, berita, majalah ataupun toko online. Jadi alasan mengapa digunakannya CMS ini adalah karena kita dapat membuat website tersebut dengan relatif cepat tanpa membutuhkan keahlian khusus.

Selain itu, dengan menggunakan CMS kita dapat mengelola bukan hanya artikel/tulisan, melainkan file gambar, audio bahkan video dapat kita masukkan ke dalam website kita dengan mudah.

Dengan menggunakan CMS, kita tidak perlu tahu bagaimana source code dsb, yang perlu kita tahu hanyalah bagaimana cara menggunakan CMS tersebut agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Macam-macam Content Management System

Banyak sekali CMS yang dapat digunakan untuk membuat website, salah satu diantaranya adalah WordPress.

Tetapi WordPress bukanlah satu-satunya CMS, selain WordPress masih sangat banyak CMS yang dapat kita gunakan, berikut ini adalah sedikit CMS (berbasis PHP) yang perlu anda ketahui:

  1. WordPress.org
  2. Joomla
  3. CMS Made Simple
  4. Drupal
  5. Media Wiki
  6. phpWiki
  7. PHP fusion
  8. dan lain sebagainya

Sekian sharing tentang CMS ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *