Sensasi Baru di Microsoft Windows 8

Belum ada seminggu Microsoft Windows 8 di release, tapi alhamdulillah kini saya bisa menikmati sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini. Saat ini saya menggunakan Windows 8 Pro dan… asli lho! Dan yang lebih mengejutkan lagi, saya mendapatkannya dengan gratis. Alhamdulillah sejak saya mengikuti ICPC setahun yang lalu, saya mendapat akun ACM gratis dimana di dalamnya terdapat Microsoft DreamSpark Premium Software Program yang menyediakan berbagai software gratis dari Microsoft.

Sedikit pamer tentang Windows 8, apa sih bedanya dari Windows 7?
Tentu saja berbeda, menurut saya, terdapat inovasi yang begitu bagus dari Microsoft ketika melihat perbedaan interface dari Windows 7 ke Windows 8. Windows 8 ini dirancang untuk device yang menggunakan touchscreen karena melihat launcher- yang “kayaknya” enak klo tinggal geser pake jari telunjuk hehe. Meskipun demikian, Windows 8 ini tetap nyaman jika digunakan di PC Desktop pada umumnya, apalagi Windows 8 ini tergolong ringan.

Launcher

Pertama kali menggunakan Launcher ini, saya teringat dengan desktop khas Linux, seperti Cinnamon, dan Unity. Yang jelas cara penggunaan launcher pada Windows 8 ini tidak jauh berbeda ketika menggunakan Cinnamon/Unity.

launcher-windows-8-azuharu

launcher-windows-8-application-all-azuharu

Windows Explorer

Tampilan Windows Explorer pada Windows 8 ini jauh lebih baik daripada Windows versi sebelumnya, karena banyak fungsi-fungsi yang sangat membantu kita untuk mengelola file. Fungsi tersebut dikemas dalam bentuk tab yang terdiri dari:

  1. Home
    Di dalam tab Home terdapat fungsi standar untuk mengelola file, seperti Copy, Paste, Select All, Properties, Move To, dan sebagainya.
  2. Share
    Di dalam tab Share terdapat fungsi seperti, Email, Archive (Zip), Burn to Disc, Advanced Security, dan sebagainya.
  3. View
    Di dalam tab View terdapat pengaturan tampilan untuk Windows Explorer, ditambah beberapa fungsi lain seperti Group by, Hide Selected Item dan sebagainya.

Satu fitur yang saya suka dari Windows 8 ini adalah, untuk membuka file docx ternyata kita tidak perlu menginstall Microsoft Office, karena format *docx telah disupport oleh Wordpad. Tetapi untuk file Excel dan Power Point kita tetap harus menggunakan Microsoft Office haha

Power Shell

Oh iya, satu lagi, ternyata di Windows 8 ini terdapat Windows Power Shell, padahal biasanya Power Shell ini ditemui pada Windows Server CMIIW. Jujur saya penasaran dengan Windows Power Shell ini, kira-kira apa ya bedanya dengan terminal di Linux..

shell-windows-8-application-all-azuharu

Sampai di sini dulu cerita saya mengenai Windows 8, karena terus terang saya juga baru saja pake sehingga belum banyak fitur baru yang saya temukan di dalam Sistem Operasi ini, Saya yakin masih banyak sekali fitur-fitur baru yang ada dan tentunya harus segera di explore.

Jual Kerudung Rabbani Online

2 Comments


  1. Upload donk gan,, biar semua bisa ngrasain paake windows 8 gratis gtu….wkwkwk

    Reply

    1. Saya pikir sudah banyak “bajakannya” tinggal minta sesama pemakai bajakan aja hahaha

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *