Perubahan Setelah Update Windows 8.1, Tampilan Lebih Menarik

Sebagaimana yang kita ketahui, Windows 8 telah diupdate oleh Microsoft yang disebut dengan Windows 8.1. Windows 8.1 ini memiliki beberapa perbedaan dari Windows 8. Saya sendiri telah mengupdate Windows 8 menjadi Windows 8.1, dan pagi ini, ada beberapa perubahan setelah mengupdate Windows 8.1

Ceritanya, beberapa hari ini Windows 8.1 selalu minta restart karena ada update. Ya, biasanya memang ada update, tapi update kali ini berbeda, hampir setiap buka komputer, ketika mau shutdown selalu ada pilihan untuk update and shutdown atau update and restart.

Dalam pikiran saya, mungkin saja ada perubahan di Windows 8.1 yang minta update terus dari kemarin. Apalagi beberapa hari yang lalu teman saya juga bilang bahwa ada informasi yang mengatakan akan ada update Windows 8.1 yang nantinya akan merubah sedikit tampilan menu di Windows 8.1

Perubahan Setelah Update Windows 8.1, Tampilan Menjadi Lebih Smooth

Nah, pagi ini ketika saya membuka komputer, saya sedikit heran, entah kenapa ada beberapa hal yang berbeda ketika membuka Windows 8.1. Awalnya sih ga sadar, tetapi setelah dicermati lebih jauh, ternyata ada beberapa hal yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang berubah, pada pagi hari ini 11 April 2014.

Efek Tampilan Aero Menjadi Lebih Smooth

Perubahan yang pertama adalah perubahan “feel” ketika membuka dan menutup menu Metro di Windows 8. Animasi atau efek ketika membuka, menutup, menggeser, dan mengganti halaman menjadi lebih smooth. Tampilan menjadi lebih enak dilihat. Jadi ingat fitur Windows aero yang ada di Windows, efek smooth ini begitu menarik jika dirasakan. Feel ketika membuka tutup metro jadi lebih asyik dan pastinya bisa jadi hiburan saat bosan, nothing to do hehe.

Merubah atau Resize Tiles di Metro Windows 8.1

Sekarang kita bisa merubah ukuran tile di Metro Windows 8.1. Beberapa ukuran yang bisa digunakan adalah small, medium, large, wide. Kita jadi lebih bisa berkreasi dengan Windows yang kita miliki. Oh iya, saya sendiri kurang tahu apakah di versi sebelumnya sudah ada fitur resize seperti ini, tapi yang jelas saya baru sadar fitur tersebut sekarang.

resize tiles setelah update Windows 8.1
Resize Tile Metro Windows 8.1

Perubahan Tampilan List Apps di Metro

Jika di Windows 8 dan 8.1 yang belum diupdate tampilan list apps/program susah dibaca, maka sekarang tampilan tersebut berubah. Kita menjadi lebih mudah mencari apps atau software yang terinstall di dalam Windows. Kita juga bisa mengurutkannya berdasarkan nama, paling banyak digunakan, berdasarkan tanggal, ataupun berdasarkan kategori. Selain itu jika kita tekan huruf di atas apps, maka kita bisa melihat kumpulan apps berdasarkan direktorinya.

windows 8.1 apps menu
List Apps Windows 8.1
windows 8 apps sort by date
Sort Apps di Windows 8.1

Perubahan Komponen dan Fungsionalitas Metro Windows 8

Setelah dicermati lebih jauh, ternyata tata letak Metro sedikit berubah. Ada tombol power di depan, sehingga kita bisa melakukan Shutdown, Sleep, ataupun Restart dari Menu Start. Fungsionalitas Metro juga ada perubahan, dulu ketika kita klik kanan di Menu Start, maka akan keluar icon Customize di pojok kanan bawah. Sekarang kalau kita klik kanan, icon customize itu menjadi tidak ada digantikan dengan munculnya menu yang membuat kita bisa memberi nama groups di kumpulan Apps di menu Start Metro.

update windows 8.1
Perubahan Fungsionalitas Metro

Kalau pada gambar di atas, bisa dilihat bahwa sekarang taskbar bisa muncul meskipun kita sedang berada di menu Apps. Taskbar ini akan otomatis tersembunyi ketika mouse tidak diarahkan ke bawah (autohide).

Fitur Search Menjadi Lebih Cepat

Baik di desktop, ataupun di Metro, terdapat fitur Search untuk mencari apps ataupun file yang ada di Windows 8.1. Beberapa waktu lalu sebelum di update, fitur search ini terhitung lama ketika digunakan. Misalnya ketika kita ketik “Paint” Metro membutuhkan waktu beberapa detik untuk menampilkan aplikasi “Paint” di hasil pencarian. Hal ini mungkin juga terkait dengan koneksi internet kita, mengingat fitur search tersebut juga melakukan pencarian dari internet. Tetapi pagi ini saya rasakan fitur pencariannya semakin cepat.

windows 8.1 search lebih cepat
Search di Metro Windows 8.1

Nah, itu tadi beberapa perubahan yang saya rasakan ketika sudah mengupdate Windows 8.1 dengan versi terbaru. Saya yakin nantinya akan ada perubahan-perubahan lain yang ada di Windows 8.1 ini.

Sekian informasi tentang Perubahan Setelah Update Windows 8.1. Semoga bermanfaat

2 Comments


  1. dulu pernah pke windows 8.1 emang bagus sih, tapi di install ulang karena ga ada activatornya 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *