Kingsoft Writer, Software Alternatif Microsoft Word Terbaik

Posted in Windows, Saturday, August 9th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Microsoft Word adalah salah satu software pengolah kata terbaik (atau mungkin yang paling baik) yang saat ini ada. Bagaimana tidak, Microsoft Word yang termasuk di dalam paket aplikasi Microsoft Office ini sudah pasti tersedia di komputer Windows di rumah, ataupun perkantoran.

Sayangnya, Microsoft Word ini tidak gratis, untuk menggunakannya kita harus membeli paket Microsoft Office ~ kecuali kalau pake bajakan wkwk. Nah, bagi yang tidak suka barang bajakan, bisa menggunakan software alternatif pengolah kata lainnya yang salah satunya adalah Kingsoft Writer.

Kingsoft Writer, Software Alternatif Microsoft Word Terbaik

Kingsoft Writer termasuk di dalam paket aplikasi WPS Office yang terdiri dari Word, Presentation, dan Spreadsheet. Selain gratis, software milik Kingsoft ini memiliki fitur yang tidak kalah jauh dengan Microsoft Office.

Oh iya, Kingsoft Office ini juga tersedia di Linux lho, jadi bisa menjadi alternatif untuk Libre Office yang biasanya menjadi software Office default di berbagai distro Linux.

Untuk lebih mengenal Kingsoft Writer, simak tulisan ini sampai selesai yaa.

Sisi Interface

Dari sisi interface atau tampilan, Kingsoft Writer ini layoutnya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Kita bisa melihat adanya menu utama seperti Home, Insert, Page Layout, dan lainnya di paling atas, dan di bawahnya ada icon-icon yang mempermudah pekerjaan kita dalam mengetik.

Salah satu hal yang membedakan dari Microsoft Word adalah, tampilan tabs di Kingsoft Writer. Adanya Tabs ini, kita bisa mengetik banyak dokumen dalam satu jendela aplikasi, jadi seperti broser begitu.

Format Dokumen

Untuk format dokumen yang di support oleh Kingsoft Writer ini tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Format dokumen terkenal seperti doc, docx sudah disupport. Kita juga bisa mengekspor dokumen ke dalam bentuk PDF dengan mudah.

Berikut ini adalah jenis format dokumen yang disupport oleh Kingsoft Office.

Kompabilitas Dokumen

Masalah kompabilitas ini seringkali mencegah kita untuk menggunakan software alternatif yang free dan tetap menggunakan bajakan. Memang kompabilitas tidak 100% dan itu memang wajar karena beda software pasti punya format yang berbeda-beda. Bahkan dokumen di Google Docs pun pasti bentuknya akan berbeda jika dibuka di Microsoft Word atau sebaliknya.
Tapi jangan kuatir, kalau hanya berbentuk teks dan tidak menyertakan objek yang rumit, pasti dokumen yang diketik di Kingsoft Writer ini tidak akan berubah ketika di buka di Microsoft Word.

kingsoft writer, software alternatif microsoft word terbaik

Kingsoft Writer

Online Templates

Sama seperti Microsoft Word, Kingsoft Writer juga memiliki template dokumen online yang bisa di download. Jadi bagi Anda yagn ingin mengetik dengan tampilan ga biasa-biasa aja, bisa download template online di Tabs Online Templates. Tab ini selalu terbuka ketika kita membuka Kingsoft Writer ini pertama kali.

Kingsoft Writer tersedia di Android

Bagi Anda yang suka bekerja di Smartphone atau Tab Android, WPS Office juga tersedia di Android dan gratis juga. Anda bisa mendownloadnya di Google Play Store, cukup search aja WPS Office atau Kingsoft Office dan Install.

Percaya atau tidak, Kingsoft Writer ini bagaikan copycat dari Microsoft Word, karena dari sisi tampilan memang di desain sedemikian rupa sehingga user tidak akan membutuhkan waktu lama untuk beralih dari Microsoft Word ke Kingsoft Writer ini.

Selain Kingsoft Writer, ada software alternatif Microsoft Word lain yang bisa diandalkan, yaitu Libre Office Writer. Silakan cek review yang saya tulis tentang Libre Office.

Bagaimana? Tertarik Mencoba Kingsoft Writer?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *