Hal yang Dapat Dilakukan dengan Remote Desktop

Sudah pernah dengar istilah remote desktop? Bagi teman-teman yang sering utak atik komputer pasti sudah pernah dengar. Remote desktop ini membuat kita bisa mengendalikan komputer lain yang terhubung dengan jaringan dari jarak jauh.

Berbicara dengan remote desktop, saya ada sedikit cerita tentang hal yang dapat dilakukan dengan remote desktop. Cerita ini terkait dengan project yang pernah saya kerjakan beberapa waktu lalu.

Jadi waktu itu saya membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk menjalankan sebuah software. Sayangnya, laptop saya tidak memenuhi spesifikasi tersebut, dan yang memenuhi spesifikasi adalah komputer di kantor. Akhrinya saya menggunakan komputer kantor, tetapi masalahnya adalah kantor hanya buka pada jam kerja, sedangkan di luar jam kerja pasti ditutup. Nah inilah saatnya menggunakan remote desktop.

Hal yang Dapat Dilakukan dengan Remote Desktop

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan remote desktop, tepatnya kita dapat melakukan apa saja terhadap komputer yang di remote, kecuali jika komputernya dalam keadaan mati.

Remote desktop dapat digunakan dengan mudah di Windows, tetapi ada hal yang harus diperhatikan. Pertama, komputer yang diremote harus bisa diakses IP addressnya dari komputer yang akan mengakses atau me-remote nya. Dan kedua, komputer tersebut tidak dalam keadaan mati. Oh iya, pastikan juga bahwa fitur remote desktop telah diaktifkan atau diperbolehkan untuk digunakan pada komputer tersebut.

Ketika menggunakan remote desktop, kita diminta untuk memasukkan username dan password dari komputer yang di remote. Jika sudah berhasil masuk, kita dapat mengendalikan komputer tersebut. Tampilan remote desktop itu sendiri mirip ketika kita menggunakan VirtualBox. Jadi di dalam layar komputer yang kita gunakan, akan muncul jendela yang berisi layar dari komputer yang di remote tadi.

Melalui jendela tersebut, kita bisa melakukan apa saja selama kita memiliki akses terhadap komputer yang di remote. Kita dapat menginstall aplikasi, menghapus program, mengcopy file, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa merestart ataupun shutdown komputer tersebut.

Satu hal lagi, untuk melakukan remote desktop, pastikan jaringan dalam kondisi yang baik. Jika tidak, tentunya akan mempengaruhi penggunaan remote desktop tersebut.

Sekian informasi singkat tentang hal yang dapat dilakukan dengan remote desktop. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *