Cara Mengambil ScreenShot di Komputer Menggunakan LightShot

Posted in Windows, Tuesday, June 24th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Kadangkala kita perlu mengambil potongan gambar (screenshot) di komputer kita. Terkait dengan mengambil screenshot, saya yakin teman-teman masih ada yang bingung bagaimana caranya.

Untuk itu pada kesempatan ini saya menuliskan tahapan cara mengambil screenshot di komputer. Tutorial ini hanya satu dari sekian banyak cara mengambil screenshot.

Cara Mengambil ScreenShot di Komputer Windows

Cara pertama yang bisa kita gunakan dengan mudah adalah menggunakan Snipping Tools, tetapi saya tidak akan bahas itu di sini. Saya akan memberikan contoh mengambil screenshot menggunakan software ringan yang bernama LightShot.

LightShot adalah software ringan tapi sangat bermanfaat karena kita tidak hanya dapat mengambil screenshot melainkan juga dapat menambahkan watermark seperti tulisan, ataupun lingkaran untuk menandai gambar yang kita ambil tersebut. LightShot ini hanya tersedia di sistem operasi Windows dan Mac.

Untuk mendownload LightShot, teman-teman bisa mendownloadnya di situs resminya: http://app.prntscr.com/en/

Setelah didownload, silakan install, saat proses instalasi selesai, nantinya akan ada perintah untuk mencoba mengambil gambar dengan menggunakan tombol Print Screen (Prnt Scrn). Cobalah untuk menekan tombol Print Screen tersebut maka akan muncul tampilan seperti ini:

cara mengambil screenshot menggunakan lightshot

LightShot

Sekian tutorial cara mengambil screenshot di komputer menggunakna LightShot.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *