Cara Lihat Spesifikasi Komputer

Posted in Komputer, Windows, Tuesday, June 24th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Hari gini ga tau cara lihat spesifikasi komputer? Hehe, bukan mengejek, hanya saja sekarang komputer telah lengket dengan kehidupan kita. Maka dari itu sudah semestinya kita tau tentang seluk beluk komputer.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelasakan tentang bagaimana cara mengetahui spesifikasi dari komputer. Teman-teman pasti tau kan, ketika kita membeli tahu komputer kita pasti akan mengedepankan spek. Penjual pastinya akan memberikan spesifikasi seperti yang kita minta, tapi bagaimana kita tahu itu benar kalau tidak kita cek secara langsung?

Cara Lihat Spesifikasi Komputer

Oke, di penjelasan ini saya tulis cara lihat spesifikasi komputer untuk sistem operasi Windows. Caranya sangat mudah dan tidak perlu install software aplikasi tertentu.

Jika menggunakan Windows Vista, 7 atau 8, atau 8.1 cukup masuk ke start menu (kalau Windows 8 pasti start screen donk) dan ketikkan dxdiag.

Nah, kalau pake Windows XP, tekan Start, klik Run nanti akan ada kotak dialog kecil yang keluar, ketik aja dxdiag.

Tunggu beberapa saat, kalau ada pilihan Yes No tekan aja No (Yes juga ga masalah sih, tapi bakal lama karena ngecek ke internet dulu), setelah itu akan muncul jendela seperti ini:

dxdiag diagnostic tool

DxDiag

Dari gambar tersebut bisa diketahui banyak hal seperti sistem operasi, sistem manufacturer, model dari komputer atau laptop, BIOS, prosessor, memory RAM dan bahasa yang digunakan.

Kemudian kita berlanjut ke tab di sebelah tab System yang saat ini sedang kita buka, yaitu tab Display. Pada tab Display ada deskripsi mengenai VGA pada komputer atau laptop kita.

cara lihat spesifikasi komputer

Dxdiag

Nah, sudah paham kan cara melihat spesifikasi komputer atau laptop yang kita miliki?

Sekian tutorial cara lihat spesifikasi komputer.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *