Belajar Microsoft Access, Baru Tau Cara Query SQL di Access

Posted in Windows, Friday, April 11th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Microsoft Access adalah aplikasi untuk merancang, membuat, dan mengelola database yang sifatnya tidak terlalu besar. Microsoft Access termasuk sebagai salah satu aplikasi yang mendukung relasional database.

Ceritanya, saya sudah sering menggunakan Microsoft Access. Tapi meskipun sering, saya tidak pernah mengunakannya untuk sesuatu yang keren weleh. Ya paling kalau ada project yang datanya ada di Access, saya pastinya membuka Access, tapi fungsi yang digunakan paling hanya untuk lihat database, copy, dan paste data.

Microsoft Access sebenarnya sudah sangat powerfull untuk keperluan pekerjaan yang datanya tidak terlalu besar. Misalnya saja, untuk data penjualan atau transaksi toko, Microsoft Access sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah, pada suatu ketika, saya diminta tolong untuk melakukan join banyak tabel menjadi satu tabel gabungan di Access. Berhubung tidak pernah pake Access untuk keperluan yang “keren” tadi, pastinya saya harus cari tau dulu bagaimana cara pake fungsi-fungsi di Access.

Belajar Microsoft Access, Baru Tau Cara Query SQL di Access

Hmm yang pertama terpikir dalam kepala saya adalah bagaimana caranya menggunakan query untuk menjoin beberapa tabel tersebut. Ya setelah mengeksplor Microsoft Access beberapa menit, ternyata ada Query Design. Tapi bagaimana cara mengunakannya?

Oh iya, beberapa tabel tersebut sebenarnya bukan beberapa lagi, lho??? Iya, karena ada sekitar 10 tabel dimana setiap tabel datanya sebenarnya dapat dijadikan satu tabel. Di setiap tabel, ada banyak sekali record, ada 1800 record bahkan ada yang sampai lebih dari 2000 record. Padahal seharusnya jumlah dari masing-masing tabel itu sama, berarti ada duplikasi di setiap tabel tersebut. Ditambah lagi field di masing-masing juga sangat banyak, saking banyaknya sampai huruf abjad ga muat haha. Kira-kira ada sekitar 70 field, lebih sih.

Kembali ke query design tadi, Microsoft Access menyediakan query berbentuk user interface, sehingga kita tinggal klik klik saja. Tapi entah kenapa saya malah bingung dan memilih query SQL, haha kebiasaan pake MySQL sih ya.

Nah untuk melakukan query SQL di Access, caranya gampang, kita masuk tab CREATE, klik Query Design, klo ada kotak dialog/frame yang muncul di close saja yaa.

query sql di access

Query Design Icon

Selanjutnya pada icon pojok kiri atas akan muncul icon bertuliskan SQL. Klik saja icon tersebut,lalu akan muncul halaman syntax untuk query SQL di Microsoft Access.

query di microsoft access

SQL query di Microsoft Access

Kalau syntax sudah diketikkan, untuk menjalankan tinggal klik icon Run di kiri atas, nah jadi deh querynya.

Kembali lagi ke cerita di awal, untuk menjoin tabel tabel yang saya ceritakan di atas tersebut, tidak bisa dalam satu query. Hal ini karena Microsoft Access memiliki keterbatasan jika atribut yang dijoin sangaaat banyak. Dan jika terlalu banyak field atau atribut yang akan dijoin, Access akan muncul peringatan “Too many field“. Untuk mengakalinya, proses query tidak langsung saya gunakan untuk seluruh tabel. Ya apa boleh buat, supaya ndak too many field lagi.

Akhirnya setelah perjalanan tidak terlalu panjang. Saya berhasil menjoin banyak tabel dengan banyak field tersebut. Dan sepertinya saya mulai tertarik mempelajari Microsoft Access. Oleh karena itu, tunggu tutorial Microsoft Access yang saya tulis nanti.

Sekian cerita tentang cari tau cara query sql di access.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *