Konsep HTTP Methods dalam REST

Ekstensibilitas dan fleksibilitas dari HTTP memberikan kontribusi yang besar dalam perkembangan dunia web. HTTP tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses resources berupa halaman HTML, tetapi seluruh resources termasuk images, video dan aplikasi juga dapat diakses melalui HTTP. Oleh karena kelebihan HTTP sebagai transport protocol, HTTP memiliki peranan yang penting di dalam web services.

Ketika mengakses resources melalui HTTP, sebuah resources identifier juga disertakan bersama dengan “aksi” yang akan dijalankan di resource tersebut. Resource identifier itu berupa URI, sedangkan aksi yang akan dijalankan didefinisikan menggunakan HTTP verbs.

Berikut adalah ringkasan dari HTTP verbs ketika digunakan bersama REST:

  1. GET, Mengambil resource yang ditentukan berdasarkan URI
  2. POST, Mengirim resource ke server. Mengupdate resource di lokasi yang ditentukan oleh URI
  3. PUT, Mengirim resource ke server untuk disimpan di lokasi yang ditentukan oleh URI
  4. DELETE, Menghapus resource yang ditentukan oleh URI
  5. HEAD, Mengambil metadata dari resource yang ditentukan oleh URI

HTTP verbs ini dapat kita analogikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pertandingan sepak bola. Ketika seorang pemain mulai bermain, maka kita menggunakan method PUT untuk membuat resource pemain. Pemain ini memiliki sebuah resource identifier yang unik, misalnya: http://main_bola.org/game/nama_pemain. Ketika pemain tersebut berada di tengah-tengah pertandingan method POST digunakan untuk melakukan update terhadap gol yang diciptakan oleh pemain tersebut. Sedangkan method GET digunakan untuk mengakses skor terkini dari pertandingan tersebut. Dan terakhir, method DELETE digunakan ketika pemain tersebut diganti dengan pemain yang lain.

Referensi: RESTful PHP Web Services

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *