Pengertian Pasca Evaluasi Survei (PES) di dalam Sensus dan Survey

Pengertian Pasca Evaluasi Survei PES adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui berbagai kesalahan di dalam survei dimana kesalahan tersebut di luar dari teknik sampling yang digunakan.

PES tidak dilakukan untuk memperbaiki estimasi sensus ataupun survei, melainkan ditujukan untuk mengkaji sejauh mana kesalahan sebuah sensus atau survei yang telah dilakukan dilihat dari cakupan (coverage) maupun dari isian kuesioner (content).

PES juga digunakan untuk mendukung analisis dari suatu sensus/survei serta memberikan masukan-masukan untuk metodologi yang dapat digunakan untuk survei selanjutnya.

Mengecek Kesalahan Cakupan (Coverage Error)

Coverage error atau salah cakupan yang dimaksud di sini misalnya adalah salah cacah, lewat cacah, dan double cacah.

Untuk mengetahui coverage error maka dilakukan pengecekan kesalahan cakupan (coverage error check) yang bertujuan untuk mengetahui apakah dalam pendaftaran bangunan dan rumah tangga terjadi lewat cacah atau cacah ganda di suatu blok sensus terpilih.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan terhadap blok sensus yang dicacah dibandingkan dengan sketsa peta blok sensus tersebut untuk memastikan bahwa seluruh rumah tangga di peta telah dicacah.

Melihat Coverage Error

Ada beberapa metode yang digunakan untuk melihat coverage error di dalam PES. Beberapa metode tesebut adalah:

  1. Chandra Demming
  2. Uttam Chand
  3. David Bateman
  4. Dual System Estimation Model

pengertian pasca evaluasi survei

Content Error untuk Mengecek Kesalahan Isian

Content error atau salah isian misalnya adalah salah mengisi atau tidak ada isian di dalam kuesioner. Untuk pengecekannya, digunakan penghitungan menggunakan index of reliability dan index of consistency.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *