Pengertian Remote Desktop

Di antara pembaca pastinya ada yang pernah mendengar atau mungkin pernah menggunakan remote desktop.

Jika belum, maka anda berada pada blog yang tepat, karena pada post berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai apa itu remote desktop.

Silakan menyimak.

Remote desktop adalah salah satu fitur dari sistem operasi (jadi bukan hanya Windows saja) yang memungkinkan kita untuk mengendalikan komputer lain yang terhubung dengan jaringan.

Pengertian Remote Desktop

Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam OS Windows, yaitu Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 dan Windows 8 yang mengijinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah komputer jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang tersebut. (pengertian di ambil dari Wikipedia dengan beberapa perubahan).

Remote desktop bukan hanya terdapat di Windows saja, bahkan di Linux pun kita dapat menggunakan remote desktop.

Jadi sesuai dengan penjelasan di awal, dengan remote desktop, kita dapat membuka “desktop” komputer lain seolah-olah kita sedang di depan komputer tersebut.

Mengapa Menggunakan Remote Desktop?

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan remote desktop. Intinya adalah kita dapat mengendalikan komputer lain secara penuh.

Artinya, dengan remote desktop ini kita bisa menginstall software, mengcopy file, menghapus file, melakukan konfigurasi terhadap jaringan, bahkan melakukan shutdown terhadap komputer yang sedang dikendalikan.

Remote Desktop sendiri menggunakan protokol Remote Desktop Protocol (RDP) yang secara default berjalan di TCP port 3389.

Cara Mengaktifkan Remote Desktop

Pada sistem operasi Windows 7, untuk mengaktifkan fitur remote desktop, anda dapat melakukan klik kanan terhadap My Computer, masuk ke Remote Settings, dan pada tab Remote berikan tanda centang di Allow Remote Asistance connections to this computer.

Jika bingung lokasi My Computer, anda dapat menekan tombol Windows (atau klik logo Windows di pojok kiri bawah), di sana ada Menu My Computer.

pengertian remote desktop
Enable Remote Desktop

Berikut ini adalah screenshot ketika kita akan menggunakan remote desktop.

pengertian remote desktop
Remote Desktop Connection

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *