Inilah Cara Agar Blog Cepat Diindex Google

Ketika kita membuat sebuah website atau blog tentunya menginginkan agar website atau blog tersebut segera terkenal di internet dan dikunjungi oleh banyak orang. Padahal agar website kita dikenal di internet, website tersebut harus sudah di crawl oleh crawler dan diindex oleh search engine.

Google sebagai search engine yang paling banyak digunakan memiliki crawler yang disebut Googlebot. Googlebot inilah yang akan mengunjungi website kita dan menambahkannya ke dalam Google index. Setelah diindex oleh Google maka website kita dapat ditemukan di dalam search engine Google dan saat itu juga lah orang lain dapat menemukan website kita di internet.

Biasanya, pertanyaan yang muncul di pikiran kita adalah, Berapa lama website kita akan diindex oleh Goolge? atau Bagaimana cara agar blog cepat diindex Google?

Cara Agar Blog Cepat Diindex Google

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, tentunya kita perlu mengenal lebih dekat dengan yang namanya Googlebot, Crawling, dan Indexing. Hal ini karena tiga hal tersebut yang menjadi kunci pokok supaya website atau blog kita cepat diindex oleh Google.

Apa itu Googlebot, Crawling, dan Indexing?

Googlebot adalah suatu software bot yang Google kirimkan untuk mencari dan mengumpulkan informasi mengenai dokumen yang ada dalam web dan menambahkannya ke dalam index milik Google. Ingatlah bahwa website-website yang ada di internet adalah dokumen-dokumen yang begitu banyak jumlahnya.

Crawling adalah proses dimana Googlebot berpindah dari satu website ke website lain mencari informasi yang paling update dari website tersebut. Dalam melakukan pengcrawlan, Googlebot memanfaatkan link yang ada pada website tersebut.

Indexing adalah proses dimana informasi yang dikumpulkan oleh Googlebot diindex atau di tambahkan ke dalam index milik Google. Setelah diindex dokumen atau website tersebut dapat disearch melalui search engine milik Google.

cara agar blog cepat diindex google
Logo Google Indonesia

Bagaimana Cara Agar Blog Cepat Diindex Google?

Setelah memahami tiga hal di atas, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara agar blog cepat diindex Google? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar website atau blog kita cepat terindex oleh Google.

  • Membuat Sitemap – Sitemap adalah dokumen dengan format XML yang berada pada server website/blog berisi tentang informasi website tersebut. Di dalam sitemap terdapat informasi mengenai kapan suatu artikel ditambahkan atau kapan terjadi perubahan pada post tersebut. Untuk membuat sitemap, Anda dapat memanfaatkan tool tertentu seperti XML sitemap generator. Jika website Anda dibangun menggunakan WordPress, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan plugin seperti Google XML Sitemap.
  • Submit ke Google Webmaster Tools – Google Webmaster Tools adalah tool yang disediakan oleh Google untuk memudahkan kita mengelola website. Untuk menggunakan tools tersebut, Anda harus memiliki akun Google, setelah itu Anda dapat masuk ke bagian Dasbor situs dan mengirimkan peta situs (sitemap) yang telah dibuat sebelumnya.
  • Submit Website URL ke Search Engine – Cara lain agar blog cepat diindex adalah dengan melakukan submit URL website atau blog ke dalam search engine. Untuk Google, Anda dapat melakukan submit URL ke sini. Tidak dapat dipungkiri bahwa search engine adalah kunci utama pengunjung di website Anda. Jika website Anda terletak di paling atas search engine, maka sudah pasti akan banyak pengunjung yang datang.
  • Gunakan Google Analytics – Google Analytics digunakan untuk memperoleh informasi statistik dari suatu website. Kenapa Google Analytics? logikanya adalah, website yang terdaftar dalam Google Analytics pasti akan selalu dimonitor statusnya, sehingga menyebabkan proses pengindexan menjadi lebih cepat.
  • Manfaatkan Sosial Media – Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mempercepat proses pengindexan. Caranya adalah update informasi profil Anda sehingga terdapat link website Anda di sosial media yang Anda miliki. -artikel oleh azuharu.
  • Bertukar Link – Bertukar link juga merupakan cara ampuh untuk mempercepat proses pengindexan. Hal ini karena Googlebot bekerja melalui link-link yang ada pada website, sehingga jika semakin banyak link yang mengarah ke website Anda, maka semakin mudah pula Googlebot menemukan website atau blog Anda.
  • Gunakan Situs Sosial Boormarking – Menggunakan situs sosial bookmarking akan membuat website Anda dapat dilihat di situs tersebut. Artinya, orang-orang yang mengunjungi situs sosial bookmarking tersebut juga dapat mengenal website Anda.
  • Promosikan Website Anda – Mempromosikan website adalah hal wajib jika ingin website Anda dikenal oleh orang banyak. Gunakan segala fasilitas yang ada untuk mempromosikan web tersebut. Selain promosi secara online, Anda juga dapat mempromosikannya secara offline, misalnya dengan bercerita pada teman bahwa Anda memiliki website baru.

Selain beberapa cara di atas, tentunya masih ada cara-cara lainnya yang dapat digunakan untuk mempercepat proses pengindexan website atau blog Anda. Jika Anda memiliki wawasan tentang itu dapat di share juga di kotak komentar.

Sekian artikel mengenai cara agar blog cepat diindex Google. Semoga bermanfaat.

9 Comments


  1. Dari pengalaman saya untuk terindeks di Bing, tidak semudah seperti Google yg lebih welcome terhadap blog. Terkadang site map yg telah kita terapkan untuk Google ternyata kurang efektif digunakan untuk Bing. Nice posting, salam kenal buat admin & semua sobat blogger yg telah berkomentar.

    salam seo

    Reply

  2. Ni yang dimaksud blognya doang apa setiap artikel yg baru kita tulis bisa keindex mas ?
    soalnya sy dah praktekin cara2 diatas tapi kalo artikel baru lama keindexnya bisa 2 harian

    Reply

    1. untuk yg sitemap, google analytic, web master tool, cukup sekali aja dibuat spy blog cepat terindex
      sering2 aja di update supaya setiap ada artikel baru, cepat terindex

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *