Beberapa Penyebab Kegagalan Sebuah Website

Web design adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam membuat website. Design web yang menarik tentunya akan lebih menarik user dibandingkan design yang biasa-biasa saja.

Tetapi tidak selalu design web yang bagus akan menarik user, bisa saja sebaliknya. Design web yang terlalu over juga dapat membuat user jenuh dan malas untuk kembali lagi ke website kita.

Membuat website yang berkualitas tidaklah mudah, jangan sampai dipersulit karena ketidakpahaman kita tentang bagaimana website yang baik dimata user.

Penyebab Kegagalan Website

Ada beberapa penyebab kegagalan website. Web design juga dapat menjadi salah satu faktor, tetapi ada beberapa penyebab lain yang menyebabnya gagalnya website kita diterima oleh user.

Oleh karena itu, ada batasan-batasan yang harus diperhatikan oleh developer web agar website yang dibuat selain tampak menarik, juga nyaman digunakan oleh user.

Terlalu Fokus ke Pembuat Website

Seringkali dalam web design hanya memperhatikan keinginan si pembuat website. Padahal selera pembuat web site belum tentu sesuai dengan user website.

Misalnya, pembuat website tersebut menyukai warna gelap dan web yang dibuatnya berwarna hitam dan putih. Di sisi lain user menyukai warna yang smooth, terang dan mudah dibaca. Jika pembuat web memaksakan webnya untuk berwarna gelap, tentu saja website tersebut tidak akan menarik dari sisi user.

Mencerminkan Struktur Organisasi

Website dibuat untuk memenuhi kebutuhan user atas informasi sedang dicari. Oleh karena itu kurang baik jika website yang kita buat terlalu mencerminkan struktur organisasi dari perusahaan atau organisasi pemilik website. Apalagi sampai membuat menu berbentuk struktur organisasi dari perusahaan.

Jika ingin menempatkan struktur organisasi, buatlah halaman tersendiri untuk memberikan informasi organisasi terkait.

penyebab kegagalan website

Terlalu Mengikuti Keinginan Pemilik Website

Ingat bahwa website dibuat untuk memberikan informasi ke khalayak umum, bukan untuk memenuhi keinginan pemilik website. Kadangkala seorang developer website harus memberikan saran kepada pemilik mengenai website yang sedang dibuat.

Jika pemilik website menginginkan sesuatu yang menyebabkan kualitas web menjadi turun, hendaknya developer memberikan saran atau sugesti kepada pemilik.

Tidak Mengikutsertakan User dalam Pembuatan

Agar tidak terjadi komplain dari user sebaiknya designer website mengikutsertakan user ketika proses pembuatan web. Misalnya meminta pendapat warna apa yang sesuai dengan background web, font style apa yang digunakan dan sebagainya.

Dengan ikut sertanya user dalam proses pembuatan, akan meminimalisir ketidakpuasan user terhadap website yang dibangun.

Sekian penjelasan mengenai penyebab kegagalan website.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *