Keuntungan dan Kerugian Pindah Server Hosting

Posted in My Life, Tuesday, June 4th, 2013, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Sudah hampir dua minggu blog saya, Azuharu ~ Another Dream ini pindah server.

Pada awalnya saya menggunakan server Singapore. Namun karena semakin hari bandwidth yang dibutuhkan semakin besar, maka saya memutuskan untuk pindah ke server Indonesia yang bandwidthnya unlimited.

Keputusan saya untuk berpindah server tentunya ada keuntungan dan kerugiannya.

Memang, sebelumnya saya sudah berpikir dua kali untuk melakukan pindah server. Saya sudah berpikir resiko yang akan terjadi, seperti, kemungkinan DNS resolve yang lama, traffic menurun dan lain sebagainya.

Keuntungan dan Kerugian Pindah Server Hosting

Berikut ini saya share pengalaman saya ketika melakukan pindah server dan beberapa saran yang dapat menjadi masukan bagi anda jika ingin membeli hosting untuk web atau blog anda.

Keuntungan Melakukan Pindah Server Hosting

Keuntungan adalah hal pertama yang harus dipikirkan, sebab buat apa melakukan sesuatu jika tidak ada nilai lebih yang akan kita dapatkan.

Jadi pastikan bahwa sesudah pindah server anda mendapatkan keuntungan, misalnya anda pindah ke server yang kualitasnya lebih baik, bandwidth nya lebih besar maupun space yang lebih besar pula.

Kerugian Pindah Server Hosting

Biasanya, kerugian ini yang paling banyak didapatkan daripada keuntungan ketika pindah server hosting.

Kenapa? karena ketika pindah server, maka alamat IP server yang kita sewa juga ikut berubah. Saya misalnya, sebelumnya saya menggunakan server Singapore dan tentunya memiliki IP address server Singapore. Ketika saya pindah ke server Indonesia maka alamat IP server juga ikut berubah yaitu dengan IP Indonesia.

Dengan berubahnya alamat IP tersebut, maka DNS juga membutuhkan waktu untuk mengenali website atau blog kita yang sedang pindah server tersebut. Adakalanya blog kita tidak bisa diakses atau mungkin juga menampilkan web dengan tampilan lama karena DNS nya belum resolve dengan sempurna.

Hal tersebut akan berbuntut pada traffic website atau blog kita. Jadi ibarat kita pindah rumah, maka tamu-tamu kita yang belum mengetahui bahwa kita sedang pindah rumah, ketika mengunjungi rumah kita yang lama tidak akan menemukan kita di sana. Akibatnya pengunjung website atau blog kita akan turun dengan drastis.

Seharusnya, resolve nya DNS tersebut tidak lama, tapi ada juga yang membutuhkan waktu berhari-hari sampai traffic atau pengunjung kita menjadi normal seperti sedia kala.

Berpikir Matang Ketika Memesan Hosting

Untuk mencegah kebutuhan akan pindah server, tentunya anda harus memperhatikan sejak awal ketika memesan sebuah hosting.

Pikirkan berapa banyak space dan bandwidth yang anda butuhkan sehingga anda tidak perlu melakukan pindah server. Anda juga dapat memesan dengan paket yang minimal tetapi pastikan dapat diupgrade secara maksimal, seperti bandwitdth yang unlimited dan lain sebagainya.

Sekian share pengalaman dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *