USB Tethering Android di Ubuntu 12.04 Lancar Jaya!

Posted in Linux, Monday, March 24th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Oke, ceritanya saya baru saja install ulang Ubuntu. Firmware wireless belum terdeteksi, dan kuota modem yang autodetect di Ubuntu juga sedang habis. Yang ada hanyalah modem Smartfren CE682 yang belum autodetect alias membutuhkan wvdial buat konek ke internet, dan wvdialnya pun juga harus konek ke internet #LOL

Mau pinjam modem ke temen juga malas, yang tersisa hanyalah smartphone Xperia U yang saat menggunakan Elementary OS sebelumnya (sepertinya) USB Tethering Android nya tidak jalan sama sekali.

Awalnya, sempat saya pikir pindah kartu di smartphone ke modem yang auto detect. Tapi tidak ada salahnya saya mencoba untuk melakukan USB Tethering terlebih dahulu.

Dan ternyata…. tada! Bisa konek ke internet hehe

usb tethering android

USB Tethering

Oke, langsung saja saya lakukan update, dan download firmware Wireless dengan command sudo apt-get install firmware-b43-lpphy-installer, disusul dengan menginstall wvdial agar modem Smartfren yang ada kuotanya bisa konek dan segera bisa buka facebook wkwkwk

Dan alhamdulillah, saya pernah mendokumentasikan cara install modem Smartfren CE682 di Linux, jadi saya tinggal baca tutorial tersebut untuk konfigurasinya.

So, jangan pernah lupa untuk mendokumentasikan setiap pembelajaran yang kita lakukan. Sekarang kita mungkin ingat, tapi sehari, dua hari, sebulan, atau kapanpun mungkin kita akan lupa! Selain itu, dokumentasi kita juga dapat dibaca oleh orang lain, yang artinya kita juga ikut membantu mereka memecahkan masalah yang sedang dihadapi.

Oke, cukup deh curcol singkatnya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *