Review Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr

Kemarin 17 April 2014 adalah tanggal dimana Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr di release. Awalnya saya sempat ragu apakah Ubuntu versi terbaru tersebut akan keluar pada tanggal tersebut, pasalnya sejak pagi sampai malam ditunggu belum juga muncul di situs resmi Ubuntu.

Tapi ketika pagi hari tanggal 18 April 2014, ternyata link download sudah ada. Ya, mungkin saja dengan zona waktu yang ada di Indonesia, pada tengah malam tanggal 17 baru muncul downloadnya. Ketika mengetahui link download sudah tersedia, maka saya segera mendownload dan menginstallnya di laptop.

Review Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr

Nah, pada tulisan ini, saya akan memberikan sedikit review Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr ini.

Seperti biasa, proses instalasi dapat dilakukan dari USB Flashdisk ataupun DVD. Kenapa DVD? Ya karena ukuran file *.iso dari Ubuntu 14.04 ini sebesar 976 MB kurang lebih. Dengan ukuran seperti itu, saya sudah bisa membayangkan tampilan terbaru dari Unity yang semakin banyak fitur dan perbaikan daripada versi Unity yang sebelumnya.

Benar saja, ketika instalasi selesai dan saya masuk ke dalam desktop, ada beberapa perubahan signifikan dari Unity. Konsep Unity yang sejak dulu saya pikir benar-benar matang kini semakin terbukti, meskipun pada awalnya banyak pihak yang tidak menyukainya karena “buggy”.

Ketika membuka dashboard, kita bisa melakukan searching dari dashboard di Unity tersebut jika terkoneksi internet. Kita juga bisa melihat file atau aplikasi yang sebelumnya kita buka. Dan yang paling penting, performa dari Unity ini semakin bagus karena tidak lambat dan “buggy” seperti pada Unity versi yang awal-awal.

Oh iya, ketika kita masuk pada konfigurasi “Change Desktop Background”, ternyata semakin banyak pengaturan untuk Unity yang bisa diberikan. Berikut ini adalah beberapa tambahan konfigurasi yang bisa kita berikan:

  1. Dari tab “Look” Launcher size bisa kita perkecil, jauh lebih kecil daripada di Ubuntu versi sebelumnya
  2. Pada tab “Behavior” ada konfigurasi apakah kita hendak menggunakan Workspace atau tidak. Jika tidak kita gunakan, maka kita hanya memiliki satu workspace saja.
    review ubuntu 14.04 trusty tahr
    Trusty Tahr
  3. Masih di tab “Behavior, kita juga dapat memilih apakah menu yang ditampilkan pada aplikasi ditampilkan di menu bar atau pada jendela aplikasi.

Dari sisi tampilan, Nautilus di Unity semakin enak dilihat. Ada beberapa perubahan tampilan dan letak icon yang membuatnya semakin enak dilihat. Untuk tampilan animasi atau efek ketika maximize, minimize, tentu saja ada perubahan, yang jelas lebih enak dilihat dan keren menurut saya.

Untuk fitur tambahannya, ada beberapa tambahan seperti Text Entry yang memungkinkan kita mengubah karakter dan keyboard layout dari menu bar di pojok kanan atas.

Dari sisi aplikasi, saya rasa tidak banyak yang berbeda. Bedanya adalah sekarang Libre Office yang disematkan pada Ubuntu 14.04 ini adalah Libre Office versi terbaru.

Nah, bagi yang penasaran dengan Ubuntu 14.04 Trusty Tahr ini, segera saja download dan install di komputer Anda. Saya yakin Anda tidak akan menyesal. Yang jelas, saya acungi empat jempol untuk Ubuntu 14.04 LTS ini.

Sekian sedikit review Ubuntu 14.04 Trusty Tahr.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *