Mengatasi Tidak Bisa Booting dari CD/DVD Eksternal karena Hardware

Posted in Linux, Tuesday, March 25th, 2014, by Muhammad Fahmi Al Azhar

Beberapa waktu lalu saya ingin menginstall ulang Linux yang ada di laptop. Biasanya, saya menggunakan flashdisk untuk menginstall dengan membuat iso installer yang ada menjadi USB Live. Tetapi kali ini, saya perlu menggunakan DVD. Hal Ini karena Linux yang akan saya install adalah BlankOn. BlankOn sepertinya agak susah jika dibuat USB Live, saya sdh Googling beberapa saat tetapi belum juga menemukan referensi.

Yang lebih menjadi masalah adalah, saya tidak memiliki DVD-ROM, atau lebih tepatnya punya tetapi rusak. Laptop saya Dell Inspiron 1440 ini memang sudah lebih dari 4 tahun umurnya, dan DVD-ROM nya rusak.

Mengatasi Tidak Bisa Booting dari CD/DVD Eksternal

Akhirnya saya harus meminjam DVD Eksternal ke teman, dan ketika dicoba booting ke CD, ternyata permasalahan baru muncul. Meskipun tidak ada masalah dengan CD maupun DVD Eksternalnya, tetapi BlankOn tidak mau masuk. Saya sudah coba set urutan booting pada BIOS, tetapi tetap tidak mau. Melihat hal itu, saya berpikir bahwa kemungkinan sumber permasalahannya adalah hardware.

Faktor pertama yang mungkin terjadi adalah, saat booting, BIOS memang mengenali DVD-ROM, sayangnya yang terdeteksi adalah DVD yang tidak berfungsi alias rusak. Hal ini mengakibatkan CD Eksternal malah tidak terdeteksi dan akhirnya CD instalasi di dalamnya tidak akan mau booting.

Akhirnya saya coba lepas DVD internal laptop dan coba untuk booting lagi. Hasilnya, DVD Eksternal terdeteksi dengan baik dan dapat booting dari CD BlankOn.

Berikut ini adalah screenshot ketika berhasil booting dari CD

tidak bisa booting dari cd/dvd

BlankOn Live CD

Bagi teman-teman yang mungkin mengalami hal yang sama, cobalah melepas DVD ROM yang rusak. Hal ini karena DVD yang rusak tersebut adalah sifatnya “primary”. Jadi selama ia terpasang di laptop, ia akan tetap terdeteksi meskipun rusak. Ini berlaku bagi installer OS apapun.

Sekian info singkat tentangĀ tidak bisa booting dari CD/DVD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *